Contact
Usaha Berkembang Bersama Platform Teknologi P2P Lending

Usaha Berkembang Bersama Platform Teknologi P2P Lending


Mungkin Anda pernah mengalami situasi seperti ini, produk barang hasil usaha Anda ternyata diterima oleh pasar dengan baik yang akhirnya mendatangkan semakin banyak permintaan dan menyebabkan produksi Anda overload. Akhirnya, jumlah produk tidak bisa memenuhi permintaan pasar dengan cepat yang menyebabkan konsumen beralih ke produsen lain untuk mengisi kuota permintaan yang besar. Hal ini tentu menyebabkan Anda kehilangan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memenuhi target permintaan konsumen antara lain adalah dengan menambah jumlah pekerja, menambah peralatan, bahan, dan juga mesin yang digunakan untuk produksi, Anda mungkin membutuhkan tempat usaha yang lebih luas. Semua hal tersebut tentunya membutuhkan modal yang tidak sedikit. Untuk mendapatkan modal, maka yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengajukan pinjaman usaha ke lembaga keuangan yang menawarkan produk kredit.

Mengajukan pinjaman bisnis ke bank

Mengajukan pinjaman bisnis ke bank adalah cara klasik bagi para pengusaha yang membutuhkan dana modal untuk memulai ataupun mengembangkan usaha. Keuntungan dari mencari dana ke bank adalah bank merupakan lembaga keuangan di mana Anda bisa meminjam uang dengan aman. Kontrak kreditnya jelas, besaran bunganya pun akan diberitahukan kepada peminjam dengan masa pinjaman yang disesuaikan dengan kemampuan. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika mengajukan pinjaman untuk usaha atau pinjaman UKM:

  1. Hampir semua bank yang ada di Indonesia memberikan penawaran kredit pinjaman untuk usaha baik yang kecil maupun yang berskala besar. Bagi Anda yang punya usaha industri kecil menengah, sebaiknya pilih produk Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang memang diperuntukkan bagi industri UMKM.
  2. Bagi yang mengajukan pinjaman UMKM dengan syarat menyerahkan jaminan, pihak bank akan memberikan penilaian terhadap nilai aset yang Anda jadikan sebagai jaminan. Nilai aset yang dijaminkan harus lebih tinggi ketimbang pinjaman yang Anda ajukan.
  3. Bank akan menanyakan berapa pendapatan dari usaha Anda yang nantinya akan digunakan sebagai patokan dalam menentukan besaran cicilan yang harus dibayarkan beserta dengan bunganya. Dokumen yang biasanya dibutuhkan adalah rekening koran ataupun dokumen lain yang bisa menunjukkan besarnya pendapatan.
  4. Untuk melakukan penilaian, bank akan mengirimkan tim appraising yang bisa saja datang ke rumah Anda maupun tempat bisnis Anda, melihat dan mencatat aset-aset yang Anda miliki selain yang sudah menjadi jaminan, kemudian menentukan apakah usaha Anda memang layak untuk diberikan pinjaman sesuai dengan jumlah yang Anda minta.

Mengajukan pinjaman ke platform P2P Lending

Sekarang mari kita bandingkan dengan cara mengajukan pinjaman usaha melalui platform marketplace pinjaman dengan skema P2P Lending atau peer to peer lending. Platform P2P Lending adalah tempat di mana para pemilik dana dan pencari dana bisa bergabung melalui jalur online. Anda sebagai pengusaha punya kesempatan untuk mengajukan pinjaman usaha dengan skema yang lebih mudah, proses yang tidak berbelit-belit, dengan bunga yang lebih rendah sesuai dengan resiko profil Anda. Ini dia hal-hal yang ada pada skema peer to peer lending yang bisa sangat membantu perkembangan bisnis Anda:

  1. Pinjaman bisnis yang diajukan bisa digunakan untuk banyak hal, tidak tebatas bagi Anda yang menjalankan bisnis besar maupun industri kecil. Pinjaman P2P Lending misalnya bisa digunakan untuk usaha modal termasuk rekrutmen SDM baru, pembiayaan kontrak, pembiayaan piutang, dan pembayaran e-commerce.
  2. Skema pinjaman P2P Lending tidak membutuhkan jaminan dari para peminjam, namun semua calon peminjam yang akan mengajukan pinjaman ke platform sebelumnya akan dilakukan proses verifikasi data dan juga analisis termasuk loan grading atau credit scoring untuk menentukan resiko profil dan juga besarnya bunga pinjaman usaha yang nantinya akan dibebankan kepada peminjam. Selebihnya, pihak penyelenggara platform tidak akan mendatangi rumah Anda, an tidak mengganggu kehidupan pribadi Anda.

Comments

comments