Contact
Sekilas Mengenai Potensi Pendana Di Sektor P2P Lending

Sekilas Mengenai Potensi Pendana Di Sektor P2P Lending

Pendana atau pemilik dana dalam sistem pinjaman peer to peer punya peran yang besar dalam menyuplai saluran keuangan yang dicari-cari oleh para peminjam. Bagaimanapun juga, sistem peer to peer lending atau P2P Lending dikerjakan dalam platform-platform yang didirikan oleh jasa keuangan berbasis teknologi atau fintech di mana aliran dana baru bisa terjadi apabila ada investor-investor yang tertarik untuk menyalurkan dananya dengan memberikan pinjaman bagi para peminjam yang mengadakan penggalangan dana di platform tersebut. platform marketplace pinjaman seperti SOFIS pun harus bisa menghadirkan para pendana yang bisa dipercaya dan memiliki kredibilitas untuk memberikan pinjaman bagi peminjam di platform yang sama. Oleh karena itu peminjam berhak untuk mengetahui seberapa jauh potensi pendana yang tergabung dalam platform SOFIS sebelum mengajukan pinjaman karena semua proses yang dijalankan secara online bisa menimbulkan resiko fraud.

Pendana sudah paham mengenai resiko investasi

SOFIS menawarkan kepada para investor cara berinvestasi yang bisa dimanfaatkan sebagai diversifikasi portofolio investasinya. Artinya, pendana yang tergabung dalam platform ini sudah paham mengenai arti dari manajemen resiko ketika berinvestasi, salah satunya adalah dengan melakukan diversifikasi portofolio investasi atau membagi tahapan dan dana investasinya ke beberapa bagian atau ke beberapa jenis investasi yang berbeda. Investasi pinjaman adalah hal yang masih baru bagi investor Indonesia namun semakin lama semakin dinikmati, jadi Anda tidak perlu khawatir jika pinjaman yang Anda ajukan tidak mendapat perhatian dari para investor. SOFIS juga telah memberikan sedikit edukasi kepada para investor untuk menghindari salah satu resiko besar yang ada pada sistem P2P Lending yaitu resiko gagal bayar.

Investor berasal dari kalangan yang lebih luas

SOFIS membuka kesempatan kepada siapa saja yang ingin memutar kekayaan finansialnya untuk mendapatkan keuntungan dari bunga pinjaman dan mendapatkan pendapatan secara pasif. Yang berinvestasi di SOFIS tidak hanya perusahaan-perusahaan besar yang mencari kesempatan baru untuk investasi namun juga kelas-kelas individu yang termotivasi oleh keuntungan hingga 30% per tahunnya hanya dengan memberikan dana pinjaman tunai kepada para peminjam yang melakukan campaign di SOFIS. Pendana juga bebas memilih jenis pinjaman yang ingin didanai, dengan begitu setiap pendana yang Anda dapatkan sudah pasti tertarik dengan campaign Anda dan bukan sekedar investor yang suka hit and run.

Aliran dana yang terpantau oleh platform

Jika Anda sebagai peminjam khawatir dengan potensi adanya kesalahan dalam pencatatan pembayaran yang sudah Anda lakukan untuk mengembalikan pinjaman, SOFIS menjamin Anda tidak akan mendapatkan resiko seperti itu. Pendana yang ingin menyalurkan dananya kepada para peminjam tidak bisa langsung memberikanpinjaman tunai kepada peminjam. Untuk bisa berinvestasi, pemiliki dana harus melakukan topup di akun SOFIS yang ia miliki, kemudian tim SOFIS akan menyalurkan dana topup tersebut kepada pinjaman yang sudah dipilih oleh pemilik dana. Demikian juga saat pembayaran, peminjam melakukan pembayaran melalui platform baru kemudian dana akan dikembalikan kepada pemilik dana melalui akun kredit yang dimiliki. Jadi semua transaksi jelas tercatat dan Anda bisa menggunakan uang dari pendana dengan lebih tenang.

Pendana tidak meminta jaminan kepada pinjaman

Apapun jenis pinjaman cepat yang Anda ajukan ke platform, pendana tidak berhak untuk meminta agunan atau jaminan kepada peminjam dalam bentuk apapun. Keuntungan yang didapatkan dari pendana dengan membiayai pinjaman Anda adalah dari bunga yang dihitung berdasarkan dengan credit scoring saat pengajuan pinjaman Anda diproses oleh platform. Untuk pinjaman pribadi, Anda bisa mendapatkan bantuan pembiayaan mulai dari 1 juta hingga 100 juta Rupiah dalam sekali penggalangan dana. Sementara untuk pinjaman usaha, Anda bisa mendapatkan modal dari 5 juta hingga 200 juta Rupiah. Tidak menutup kemungkinan pula Anda akan mendapatkan investor tetap dari pendana di SOFIS meski skema investasi tidak dilakukan melalui platform SOFIS.

Comments

comments