Contact
Potensi Sektor P2P Lending Untuk Peningkatan Ekonomi Indonesia

Potensi Sektor P2P Lending Untuk Peningkatan Ekonomi Indonesia

Perusahaan dengan basis financial technology adalah perusahaan finansial yang memanfaatkan teknologi dan dunia digital untuk memberikan akses keuangan kepada masyarakat yang lebih luas mengingat saat ini aktivitas internet masyarakat terutama orang Indonesia makin meningkat setiap tahunnya. Salah satu fokus yang digarap oleh perusahaan fintech seperti SOFIS adalah investasi dengan jalan pinjaman atau hutang dengan skema peer to peer lending.  SOFIS merupakan platform P2P Lending di mana Anda bisa menemukan ada banyak pencari dana dan pemberi dana bertemu dalam satu marketplace agar terjadi interaksi investasi pinjamanyang lebih mudah, cepat dan praktis, dan pastinya aman. Lalu pertanyaannya apakah bisa metode investasi dengan P2P Lending ini membawa perubahan yang postif bagi perekonomian di indonesia?

Nilai investasi yang terus naik di Indonesia

Bagi Anda yang sedang cari cara lain untuk memutar kekayaan Anda dengan melakukan diversifikasi portofolio investasi, P2P Lending bisa jadi cara baru yang cukup potensial untuk mendatangkan passive income di pundi-pundi Anda. Pada tahun 2008 saja tercatat nilai investasi di sektor fintech mencapai USD 900 yang meningkat pesat hingga tahun 2013 dengan nilai USD 3 milyar. Selanjutnya menurut Kamar Dagang dan Industri Indonesia, diperkirakan nilai investasi di sektor fintech pada tahun 2018 akan mencapai angka USD 8 milyar. Sedangkan bagi pencari dana pinjaman tunai baik untuk kebutuhan pribadi maupun usaha, platform P2P Lending bisa jadi tempat yang paling berpotensi untuk mendapatkan dana dengan lebih cepat ditambah dengan keuntungan syarat yang mudah dan tanpa agunan.

Potensi peer to peer lending sebagai pendorong ekonomi Indonesia juga didukung dengan peningkatan sarana infrastruktur digital di Indonesia. Di mana kini makin banyak orang yang terjamah dengan internet yang bisa menjadi jalan bagi jasa keuangan platform P2P Lending seperti SOFIS untuk memberikan akses bagi masyarakat yang belum tersentuh oleh lembaga keuangan tradisional baik bank maupun non bank. Dengan adanya SOFIS kini masyarakat tidak harus peri ke bank atau pegadaian untuk mendapatkan bantuan pinjaman dana. Cukup dengan membuka situs SOFIS dan melakukan pendaftaran kemudian mengikuti alur pengajuanpinjaman cepat ataupun investasi, semua proses sudah dilakukan secara online dan bisa diakses oleh masyarakat dengan praktis menggunakan gadget masing-masing.

 

Sudah diatur oleh OJK mengenai pengelolaan fintech lending

SOFIS adalah marketplace pinjaman yang aman dan terpercaya. Keamanan dari investasi dana pinjaman dengan skema P2P Lending sudah diatur dan diawasi oleh OJK sebagai lembaga negara yang mengatur mengenai perusahaan-perusahaan dan aktivitas jasa keuangan di Indonesia. Melihat pesatnya perkembangan P2P Lending di Indonesia, OJK resmi mengeluarkan aturan yang mengatur mengenai kelembagaan, penyelenggaraan fintech, produk, dan juga penggunaan teknologi informasi pada tanggal 30 Desember 2016 lalu.

Yang mendasari OJK membentuk aturan mengenai skema P2P Lending menurut Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D. Hadad antara lain adalah:

  1. Memaksimalkan potensi fintech sebagai sarana untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap produk jasa keuangan yang berguna untuk meningkatkan kesejahteraan.
  2. Fintech sebagai solusi metode pembiayaan yang lebih cepat, mudah, dan efisien.
  3. Fintech bisa menjadi harapan bagi para pelaku UKM untuk mendapatkan dana pinjaman dari para investor sehingga bisa meningkatkan daya saing dengan kualitas produk yang lebih baik.

Dengan adanya peraturan dari OJK ini makin memberikan jaminan keamanan bagi para pendana maupun para pencari dana pinjaman untuk ikut bergabung dalam platform fintech lending. Dengan makin mudahnya proses pengajuan pinjaman ataupun investasi yang ditawarkan oleh SOFIS sebagai platform fintech, maka SOFIS berkontribusi terhadap usaha peningkatan kesejahteraan masyarakat untuk mendapatkan hidup yang lebih baik melalui jenis-jenis pinjaman yang disediakan.

Comments

comments