Contact
Pengelolaan Keuangan Bersama P2P Lending

Pengelolaan Keuangan Bersama P2P Lending


Sudahkah Anda mengelola keuangan pribadi maupun usaha Anda secara inklusif? Mengelola keuangan secara inklusif artinya adalah Anda sudah memanfaatkan akses dari berbagai layanan keuangan formal sebagai bentuk dari pengelolaan keuangan untuk meningkatkan kesejahteraan pribadi dan juga peningkatan perekonomian nasional. Sayangnya, menurut data dari OJK, literasi masyarakat Indonesia terhadap keuangan hanya sekitar 21,84%, sedangkan data dari Global Findex tahun 2014 baru sekitar 36% masyarakat Indonesia yang memiliki dan memanfaatkan akses keuangan dari lembaga keuangan formal. Angka ini sangat jauh jika dibandingkan dengan negara tetangga dengan tingkat literasi keuangan yang tinggi seperti Singapura (96%), Malaysia (81%), dan Thailand (78%).

Berbagai cara sudah dilakukan oleh pemerintah dan juga lembaga keuangan di Indonesia untuk mengaplikasikan kebijakan inklusi keuangan untuk meningkatkan tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia. Salah satu bentuk inklusi keuangan yang kini sedang menarik perhatian adalah skema peer to peer lending.

P2P Lending berperan penting dalam usaha inklusi keuangan

Peer to peer lending atau P2P Lending adalah skema peminjaman uang di mana peminjam mengajukan pinjaman tunai melalui sebuah platform marketplace di mana nantinya penggalangan dana dari peminjam bisa menarik perhatian para pemilik dana yang juga tergabung dalam platform marketplace tersebut. Salah satu marketplace yang menawarkan P2P Lending adalah SOFIS yang memberikan Anda kemudahan dalam mendapatkan dana yang dibutuhkan dan bagi para investor untuk mendiversifikasikan investasinya sebagai bagian dari manajemen resiko investasi.
Peran P2P Lending dalam program inklusi keuangan pemerintah dan OJK adalah membantu masyarakat untuk mendapatkan akses yang lebih mudah dalam memanfaatkan jasa keuangan yang selama ini didominasi oleh lembaga keuangan tradisional seperti bank. Padahal tidak semua orang punya akses yang mudah untuk memanfaatkan layanan dari lembaga keuangan tradisional tersebut. Berbeda dengan platform P2P Lending sebagai alternatif pinjaman selain bank yang menggunakan sistem online di mana masyarakat tidak harus berangkat ke kantor lembaga keuangan namun semuanya bisa dilakukan hanya dengan menggunakan gadget dan juga koneksi internet yang kini semakin bisa dijangkau oleh semua lapisan masyarakat.

P2P Lending juga bisa berperan penting dalam memudahkan para pengusaha industri kecil untuk mendapatkan pinjaman UMKMyang tidak membebani, prosesnya mudah, dan bebas dari rasa terintimidasi yang biasa dirasakan ketika berurusan dengan lembaga keuangan tradisional. Para pengusaha kini bisa dengan mudah mengadakan penggalangan dana di SOFIS tanpa harus menjaminkan aset apapun maupun membeberkan rencana bisnis usaha Anda. Bunga yang rendah, proses pembayaran yang mudah, dana yang cepat cair, dan juga platform digital yang aman dan sudah teregulasi menjadi harapan bagi para pemburu pinjaman usaha sekaligus jadi cara untuk mensukseskan program inklusi keuangan.


Produk pinjaman yang ditawarkan platform P2P Lending

SOFIS sebagai platform marketplace pinjaman yang melayani produk P2P Lending punya beberapa jenis pinjaman yang bisa Anda manfaatkan sesuai kebutuhan. Secara umum kami menawarkan program pinjaman individu dan juga pinjaman usaha, di samping produk investasi yang kami tawarkan kepada para pemilik dana.

Pinjaman individu meliputi pelunasan kartu kredit, pembayaran uang muka KPR, pembayaran uang muka kendaraan pribadi, pinjaman karyawan, pembiayaan renovasi rumah, dan pinjaman mikro dengan masa tenor yang singkat. Syarat yang harus Anda penuhi sederhana saja yaitu peminjam adalah WNI berusia minimal 18 tahun yang usianya tidak lebih dari 60 tahun saat masa pelunasan pinjaman. Peminjam juga harus memiliki pendapatan yang bisa digunakan untuk membayar kembali pinjaman.
Pinjaman usaha

Sedangkan untuk pinjaman usaha, SOFIS menawarkan program pembayaran invoice, pembayaran kontrak, pinjaman modal usaha, pembiayaan piutang, dan juga pinjaman toko online. Jenis pinjaman usaha ini diperuntukkan bagi para pengusaha untuk memudahkan proses pencarian modal yang kadang bisa berbelit dan dengan syarat yang terlalu membenani terutama untuk industri kecil.

Comments

comments