Contact
Perkembangan Informasi Teknologi Keuangan Di Indonesia

Perkembangan Informasi Teknologi Keuangan Di Indonesia


Teknologi keuangan di dunia kini makin modern yang bisa sangat membantu masyarakat dalam melakukan kegiatan yang berhubungan dengan keuangan di mana teknologi sudah mulai terlibat dan mulai menggantikan peran lembaga keuangan yang tradisional. Melakukan pembayaran misalnya, saat ini Anda sudah bisa melakukan pembayaran nyaris apa saja via online. Mulai dari membayar tagihan, mengirimkan dan menerima uang baik lokal maupun internasional, dan juga pembayaran e-commerce. Layanan servis keuangan yang menggunakan inovasi teknologi disebut dengan financial technology atau fintech. Salah satu bentuk fintech yang sedang booming di dunia termasuk di Indonesia saat ini adalah peer to peer lending atau P2P Lending. SOFIS adalah platform marketplace untuk investasi pinjaman model P2P Lending yang berkembang di Indonesia. Ingin tahu lebih jauh mengenai fintech?

Inovasi teknologi untuk keuangan nasional

Belum lama ini masyakarat Indonesia masih dalam suasana euphoria di mana mulai banyak startup atau perusahaan-perusahaan yang menggarap pasar digital. Di bidang transportasi misalnya, 10 tahun lalu mungkin anggapan bisa memesan ojek dengan menggunakan aplikasi smartphone adalah hal yang dianggap mimpi, namun sekarang lihat kenyataannya. Akhirnya teknologi kini juga merambah ke sektor keuangan misalnya seperti e-banking di mana Anda bisa melakukan aktivitas banking hanya dengan menggunakan gadget tanpa harus repot-repot datang ke bank. Kini, perkembangan fintech yang cukup pesat di Indonesia sampai di mana Anda bisa mengajukan pinjaman secara online di mana campaign Anda bisa dilihat oleh banyaknya investor potensial yang memperbesar peluang Anda untuk mendapatkan pinjaman tunai dari investor lebih cepat dan mudah.

Berkembangnya sektor fintech di Indonesia mulai dilirik oleh para investor yang tertarik dengan bisnis model platform digital ini. Tercatat sepanjang tahun 2016 ada beberapa perusahaan fintech yang cukup besar di Indonesia yang mendapatkan dana dari investor baik asing maupun investor lokal. Melihat fenomena ini, OJK sebagai lembaga otoritas pun membuat aturan mengenai hal ini terutama dalam skema peer to peer lending, yaitu kepemilikan saham oleh pihak asing yang tidak boleh lebih dari 85%. Nilai investasi di bidang fintech pun diprediksi akan terus meningkat mengingat akses keuangan dengan menggunakan teknologi bisa menjadi solusi bagi pemerintah untuk mewujudkan inklusi keuangan.


Mengapa teknologi keuangan bisa berkembang pesat di Indonesia?

Sektor keuangan berbasis teknologi bisa berkembang dengan pesat di Indonesia tidak lain dan tidak bukan karena perkembangan teknologi yang makin maju di Indonesia. Perilaku masyarakat jaman sekarang yang lebih suka dengan hal-hal yang praktis dan mengandalkan smartphone dan gadget lainnya untuk melakukan banyak hal dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu tidak heran apabila akses keuangan yang bisa diraih dengan mudah menggunakan gadget sangat disambut baik karena dengan begitu segala kegiatan yang berkaitan dengan keuangan bisa dikerjakan dengan lebih mudah melalui platform online termasuk mencari danapinjaman cepat dengan skema P2P Lending dari SOFIS.

Faktor yang tidak kalah penting adalah kemudahan yang ditawarkan oleh platform-platform fintech. Seperti halnya SOFIS yang merupakan platform financial technology yang menawarkan bagi masyarakat yang membutuhkan dana cepat untuk mengajukanpinjaman tunai melalui platform kami. Nantinya campaign yang masuk ke platform akan ditayangkan dan dilihat oleh jaringan investor yang siap mengucurkan dananya bagi para peminjam. Mudahnya proses karena semua dikerjakan dengan cara online, tidak ada agunan, bunga yang tetap dan juga ringan.

Comments

comments