Contact
P2P Lending Sebagai Alternatif Cepat Dalam Meraih Pinjaman Untuk Usaha Anda

P2P Lending Sebagai Alternatif Cepat Dalam Meraih Pinjaman Untuk Usaha Anda

Cara medapatkan pinjaman usaha untuk modal yang paling populer biasanya adalah mengajukan pinjaman ke bank. Meski meminjam dana untuk modal ke bank memang punya kelebihannya, namun kekurangan yang bisa jadi hambatan Anda dalam berbisnis misalnya adalah persyaratan yang banyak, proses berbelit, dana yang dicairkan belum tentu sesuai dengan kebutuhan Anda, dan adanya resiko diambilnya agunan apabila terjadi kredit macet. Lalu adakah cara alternatif untuk bisa mendapatkan pinjaman bisnis untuk modal yang aman, prosesnya cepat, dan pastinya memberikan kemudahan dalam pengembangan usaha? Jawabannya adalah P2P Lending.

Sekilas mengenai P2P Lending

P2P Lending atau peer to peer lending adalah platform yang menyediakan wadah bagi peminjam untuk bertemu langsung dengan investor melalui proses yang mudah dan syarat yang tidak berbelit-belit. Metode peminjaman ini tidak hanya berguna untuk pinjaman usaha namun juga bisa dimanfaatkan untuk pinjaman pribadi yang bisa Anda gunakan untuk mendanai apapun kebutuhan Anda, selama ada investor atau pendana yang tertarik untuk memberikan Anda pinjaman. Untuk info lebih lanjut mengenai apa itu P2P lending dan bagaimana cara kerjanya Anda bisa langsung masuk ke halaman https://sofis.id. SOFIS merupakan platform P2P lending yang sudah berpengalaman dalam mempertemukan peminjam dan investor yang aman dan lengkap fasilitasnya.

Pinjaman usaha di SOFIS yang lebih cepat dan aman

Satu lagi alasan mengapa peer to peer lending di SOFIS adalah alternatif pinjaman selain bank yang lebih aman dan mudah selain tidak mensyaratkan dokumen yang ribet, SOFIS juga memberikan Anda kesempatan untuk mendapatkan pendanaan untuk keperluan yang tidak bisa didapatkan di lembaga keuangan kredit lainnya, yaitu invoice financing dan contract financing.
Keduanya merupakan jenis investasi pinjaman Working Loan yang ditujukan untuk meningkatkan modal usaha seperti penambahan kapasitas, meningkatkan kualitas SDM, pembelian bahan baku, dan sebagainya.

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai kedua hal tersebut :

  1. Invoice Financing
    Pinjaman usaha ini diperuntukkan pembiayaan usaha yang berdasarkan invoice atau tagihan atas dasar piutang yang Anda miliki kepada pihak lain dalam usaha untuk mengembangkan usaha.
  2. Contract Financing
    Sedangkan contract financing adalah pembiayaan kontrak yang berdasarkan dari kontrak baru Anda dengan pihak lain. Bisa dimanfaatkan untuk pembiayaan proyek yang sifatnya jasa seperti kontraktor, dan jasa konsultan.

Bagaimana cara untuk mendapatkan investasi pinjaman ini? Syarat yang harus Anda penuhi sebelum mengajukan pinjaman adalah :

  1. Usaha telah berumur minimal 36 bulan;
  2. Pendapatan usaha minimal IDR 1 miliar per tahun;
  3. Pinjaman yang SOFIS berikan maksimal 70% dari nilai kontrak;
  4. Anda sebagai peminjam harus punya setidaknya 51% saham dari badan usaha;
  5. Punya credit scoring yang bagus; dan
  6. Kontrak yang dibiayai adalah kontrak dengan perusahaan besar yang terpercaya.

Kemudian Anda bisa mengikuti alur pengajuan pinjaman seperti di bawah ini:

  1. Mendaftar di https://sofis.id
  2. Mengajukan pinjaman usaha kemudian mengisi semua data yang sudah disediakan form-nya.
  3. Anda juga akan diminta untuk upload data-data yang diperlukan yang kemudian akan masuk ke konfirmasi pengajuan.
  4. Proses analisa yang akan berjalan kurang lebih sekitar 5-7 hari kerja.
  5. Fact sheet dan penentuan loan grade.
  6. Setelah Anda menyetujui term pinjaman maka pinjaman Anda akan masuk ke proses penggalangan (maksimal digalangkan selama 45 hari).
  7. Apabila ada investor yang bersedia untuk menjadi pendana Anda, maka proses selanjutnya adalah proses disbursement pinjaman.
  8. Yang terakhir adalah proses pengembalian pinjaman.

Comments

comments