Contact
Overview P2P Lending dan Pengaruhnya Untuk Masyarakat Indonesia Ke Depan

Overview P2P Lending dan Pengaruhnya Untuk Masyarakat Indonesia Ke Depan


Di jaman modern sekarang ini tidak punya modal adalah alasan yang tidak bisa diterima bagi yang ingin menjalankan usaha namun masih ragu berkembang. Pasalnya, sudah ada banyak cara bagi pengusaha termasuk pengusaha UMKM untuk mendapatkan modal. Bagi Anda yang masih ragu mengajukan pinjaman usaha ke bank dengan bunga dan syarat yang tinggi, ada alternatif yang bisa menjadi jalan masuk Anda menuju kesuksesan, yaitu dengan peer to peer lending atau P2P lending. Metode pinjaman ini mempertemukan langsung antara pemberi pinjaman (investor) dengan peminjam (borrower) melalui website yang menjadi platform pinjaman.

Keuntungannya bagi investor adalah ia bisa memberikan pinjaman bisnis bagi peminjam yang benar-benar berkualitas, sedangkan bagi borrower keuntungannya adalah mendapatkan investor yang bisa dipercaya karena untuk bergabung dengan platform, perusahaan platform akan melakukan penyaringan data terlebih dahulu untuk menentukan kredibilitasnya. Melihat kemudahan yang diberikan, bisakah peer to peer lending menjadi pilihan dalam investasi dan mencari modal untuk masa depan Indonesia ke depan?

Keuntungan P2P Lending bagi investor

Apa hal pertama kali yang dilihat oleh para pemberi pinjaman sebelum memberikan investasi pinjaman kepada pengusaha yang mengajukan permohonan? Tentu adalah prospek dari perkembangan usaha tersebut apakah bisa menghasilkan keuntungan atau tidak. Tidak jarang investor urung mengeluarkan dana pinjaman karena kurang yakin dengan kredibilitas si peminjam. Namun melaluimarketplace pinjaman pada P2P lending, investor bisa lebih mantab dalam berinvestasi karena peminjam yang sudah bergabung dengan marketplace ini sudah disaring sebelumnya. Keuntungan lain bergabung dengan P2P lending platform seperti SOFIS ini antara lain adalah:

  • Proses investasi yang lebih cepat dan mudah.
  • Siapa saja bisa ikut berpartisipasi menjadi peminjam baik perusahaan, pengusaha, atau individu yang memiliki dana lebih untuk disalurkan kepada pengusaha yang membutuhkan dana.
  • Jika sebelumnya Anda sudah berinvestasi dengan bentuk yang lain, memberikan pinjaman melalui P2P lending bisa menjadi cara untuk mendiversifikasikan investasi Anda untuk pembagian resiko.
  • Investor juga bisa menikmati nilai return yang lebih besar dibandingkan dengan menyalurkan dana investasi melalui bank pinjaman.

Keuntungan P2P Lending bagi borrower

Jika Anda adalah seorang pengusaha, ketika akan mengajukan pinjaman UMKM salah satu hal yang jadi pertimbangan adalah besarnya suku bunga yang ditetapkan oleh lembaga keuangan yang memberikan fasilitas kredit. Begitu juga bagi individu yang ingin mengajukan pinjaman untuk kebutuhan pribadi misalnya pinjaman karyawan atau untuk mendanai pendidikan anak. Maka keuntungan yang paling utama bergabung dengan SOFIS sebagai platform P2P lending adalah besar suku bunga yang lebih rendah dari yang ditetapkan oleh lembaga keuangan kredit lainnya. Selain itu, masih banyak keuntungan yang bisa dinikmati oleh borrower antara lain adalah:

  1. Proses pengajuan pinjaman tunai yang lebih cepat dan mudah dengan syarat yang lebih sederhana dibandingkan dengan mengajukan pinjaman ke bank atau lembaga keuangan lain.
  2. SOFIS memberikan pinjaman untuk individu dan juga pinjaman usaha. Pinjaman individu bisa dimanfaatkan untuk renovasi rumah, pinjaman pembayaran kartu kredit, pinjaman karyawan, dan pinjaman micro. Sedangkan pinjaman usaha tanpa agunan, SOFIS melayani modal usaha, pembiayaan piutang (max. hingga IDR 250 juta), dan pembiayaan kontrak (max. hingga IDR 1 milyar).
  3. SOFIS memberikan rate bunga yang rendah dan disesuaikan berdasarkan penilaian resiko peminjam. Peminjam akan diklasifikasikan dalam “loan grade” mulai dari A1-C3 untuk menentukan besaran bunga yang harus ditanggung.

Melihat berbagai keuntungan yang bisa didapatkan baik untuk investor ataupun untuk borrower, sudah tentu marketplace pinjaman seperti https://sofis.id bisa membuat perubahan dalam dinamika keuangan di Indonesia. Kini individu maupun perusahaan yang membutuhkan dana bisa dengan lebih mudah mendapatkan investor yang setuju dengan tujuan peminjaman, dan investor punya cara lain berinvestasi atau menyalurkan dananya ke pihak yang lebih membutuhkan. Dengan cara loan yang mudah, tentu bisa membantu dalam meningkatkan kesejahteraan.

Comments

comments