Contact
Mengenal Peer To Peer Lending:  Konsep Baru dari  Fintech

Mengenal Peer To Peer Lending: Konsep Baru dari Fintech

Perkembangan dunia digital yang terjadi pada saat ini, membuat orang-orang dapat dengan mudah terhubung satu dengan yang lainnya. Dengan adanya Internet kita bisa mencari dan memberikan informasi satu sama lain. Dan kemajuan yang terjadi pada dunia digital ini membuat orang-orang menemukan berbagai ide yang bisa dilakukan di dunia digital untuk memudahkan satu dengan yang lainnya. Bayangkan saja saat ini kita bisa melakukan apapun yang ada di internet, yang sebelumnya belum pernah terbayangkan di generasi sebelumnya. Seperti kehadiran e-commerce yang membuat kita bisa berbelanja hanya bermodalkan perangkat teknlogi seperti Handphone, Komputer, atau laptop. Bahkan saat ini kita bisa memesan ojek secara online melalui Mobile Phone, dan tidak perlu repot lagi untuk mencari ojek dan menawar harga yang tepat untuk keperluan transportasi.

Kemajuan ini juga berkembang pada bidang keuangan, banyak sekali aplikasi di bidang keuangan yang dapat kita pakai untuk memudahkan kita. Salah satunya Internet banking, dengan internet banking kita bisa melakukan kegiatan yang berhubungan dengan perbankan seperti mengecek saldo tabungan, mentrasfer uang, atau bahkan belanja secara online. Tidak hanya pada bidang perbankan, sekarang banyak juga perusahaan-perusahaan startup menawarkan pinjaman dana dan Investasi tunai.

Salah satu sistem pinjaman dana yang sedang menjadi perbincangan adalah konsep Peer to peer Lending, Peer to Peer Lending sendiri berperan sebagai online marketplace yang menghubungkan antara orang yang sedang membutuhkan pinjaman dana atau borrower dengan orang yang bersedia meminjamkan dananya yang biasa kita kenal sebagai Investor.

Peer to peer landing sendiri masih tergolong cukup baru di Indonesia, Kita saat ini mungkin lebih mengenal perusahaan pembiayan yang mengajukan berbagai pinjaman indIvidu secara tunai dan langsung dari perusahaan tersebut berbeda denga Peer to Peer Landing yang menghubungkan peminjam dengan investor. Sistem dari Peer to Peer Lending sendiri ini sebenarnya lebih fleksibel dan tidak lebih rumit dibandingkan dengan meminjam dana dari perusahaan pembiayaan atau melalui bank. Karna Investor dan borrower akan saling terhubung satu dengan yang lainnya. Sehingga investor bisa memandang langsung investasi yang telah dilakukannya.

Sebagai peminjam yang perlu dilakukan adalah hanya melakukan registrasi terlebih dahulu pada marketplace Peer to Peer Lending, lalu peminjam mengunggah semua dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan peminjaman secara online. Setelah itu anda harus menunggu kabar dari perusahaan tersebut untuk mengetahui apakah pinjaman anda disetujui atau tidak.

Salah satu marketplace yang menawarkan kemudahan Peer to Peer Lending saat ini adalah sofis.id, sofis menawarkan kepada siapa saja yang ingin mengajukan pinjaman dana untuk keperluan individu atau usaha. Prodak-prodak yang ditawarkan cukup beragam, jika anda mengajukan Pinjman Individu maka akan ditawarkan Pinjaman Pelunasan Kartu Kredit, Pinjaman Mikro, Pinjaman karyawan, Pinajman Renovasi Rumah, Pinjaman Uang Muka KPR, dan Pinjaman Uang Muka Kendaraan

Berbeda dengan pinjaman usaha, anda akan ditawarkan berbagai prodak seperti, Pinjaman Modal Usaha, Invoice Financing atau Pembiayaan Piutang, Pinjaman Kontrak, dan Pinjaman Toko Online. Kelebihan lain yang ditawarkan oleh sofis adalah menyiapkan dan mewajibkan seluruh peminjam, khususnya peminjam untuk peminjam modal usaha dan peminjam took online untuk mengikuti program pemberdayaan usaha yang berupa pelatihan usaha pada setiap peminjam untuk memajukan usahanya. Dengan kehadiran berbagai macam perusahaan di bidang fintech seperti sofis.id ini, diharapkan dapat memajukan UKM dan menciptakan wirausaha yang maju untuk Indonesia.

Comments

comments