Contact
Lakukan 4 Hal Ini Untuk Mencegah Menurunnya Keuangan

Lakukan 4 Hal Ini Untuk Mencegah Menurunnya Keuangan

 

Mengatur keuangan pribadi agar tetap stabil dan tidak menurun, memang tidak mudah dan perlu usaha yang harus dilakukan. Diantara kita pasti pernah mengalami, dimana keadaan keuangan semakin menipis dan tidak adanya pemasukan lebih. Sedangkan, masih ada banyak kebutuhan sehari-hari yang kita penuhi. Hal ini, bisa berlanjut pada saldo rekening yang habis sebelum akhir bulan. Mencegah menurunnya keuangan pribadi, butuh tindakan nyata yang harus dilakukan. Namun, banyak diantara kita yang tidak mengetahui hal apa saja yang harus dilakukan. Agar keuangan tidak cepat mengalami penurunan, dan membuat kita sulit memenuhi kebutuhan yang harus diselasaikan.

Hal utama yang membuat menurnunnya keuangan, adalah sikap kita yang sulit mengatur uang dan menggunakan uang semaunya untuk hal yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan. Kebiasaan menghamburkan uang dan gaya hidup yang konsumtif, juga bisa menjadi menurnunya keuangan yang kita miliki. Dengan keadaan keungan yang menurun, justru membuat kita melakukan hal yang membuat kita sulit di masa depan. Seperti, banyaknya penggunaan kartu kredit dan hutang yang terus menumpuk dan tidak bisa segera kita lunasi. Ada baiknya kita melakukan hal berikut ini, untuk mencegah menurunnya keuangan.

 

  1. Menghindari Gaya Hidup Konsumtif

Gaya hidup yang konsumtif, sering sekali dialami oleh banyak orang. Bahkan banyak kalangan yang memiliki penghasilan yang pas-pasan, bergaya hidup konsumtif. Mereka rela membeli sesuatu yang cukup mahal dan berhutang, meskipun penghasilan mereka pas-pasan. Sehingga membuat, keuangan yang dimilikinya menurun dengan cepat.  Untuk sebagian orang, yang memiliki penghasilan cukup tinggi. Terkadang, juga tidak bisa mengontrol emosinya untuk menghilangkan kebiasaan hidup yang konsumtif. Sehingga banyak yang mengalami menurunya keuangan, meskipun penghasilan yang didapat cukup besar. Hindarilah gaya hidup konsumtif ini, dengan mengeluarkan uang untuk keperluan yang penting saja. Dan menjaga emosi, agar tidak berperilaku konsumtif dalam kehidupan sehari-hari.

 

  1. Mencatat Setiap Pengeluaran dan Mengevaluasinya

Mencatat setiap pengeluaran yang kita lakukan, adalah hal yang cukup baik untuk mencegah menurunya keuangan kita. Kita bisa mencatat segala pengeluaran yang telah dilakukan, dalam buku atau gadget kita. Buat lah list setiap harinya, tentang segala pengeluaran yang dilakukan. Banyak orang yang melakukan hal ini, namun masih tidak bisa mencegah menurunnya keuangan mereka. Karena banyak yang tidak mengevaluasinya, dan tetap melakukan hal yang sama. Oleh karena itu, catatan yang telah kita buat harus dapat menjadi acuan untuk terus mengevaluasi pengeluaran. Agar tidak menghamburkan uang, untuk sesuatu yang tidak perlu dihari berikutnya.

 

  1. Tentukan Tujuan Jangka Panjang

Penghasilan yang kamu dapatkan, sebaiknya beberapa dialokasikan untuk ditabung. Kamu juga harus menentukan tujuan jangka panjang, ketika menabung . Jangan buat tabungan yang kamu miliki, hanya digunakan untuk berfoya-foya dan membeli sesuatu yang tidak diperlukan.  Buatlah tujuan jangka panjang seperti untuk keperluan menikah, pendidikan, membeli rumah, dan sebagainya. Agar kamu tidak perlu berhutang, dan membuat menurunya keuangan kamu dimasa depan.

 

  1. Memilih Investasi dan Tabungan Dengan Bijak

Hal lain yang perlu kamu lakukan, agar keuangan kamu tidak menurun. Kamu harus bisa memilih investasi dan tabungan dengan bijak. Gunakan analisa yang baik, dalam berinvestasi dan memilih tabungan yang sesuai. Pilihlah jenis investasi yang sesuai dengan keadaan keungan kita, agar nantinya investasi yang kamu lakukan mendapat keuntungan di masa depan. Karena terkadang, banyak orang yang terlalu cepat tergiur dalam berinvestasi justru tidak mendapat keuntungan dan justru mengalami kerugian yang cukup besar.

Comments

comments