Contact
Kemajuan Perkembangan Teknologi Keuangan Saat Ini

Kemajuan Perkembangan Teknologi Keuangan Saat Ini


SOFIS adalah platform marketplace pinjaman yang mempertemukan antara investor dengan pencari dana dalam satu jaringan platform online yang luas tanpa proses yang ribet, tanpa banyak syarat, dan pastinya sistem yang aman dan stabil. Kami menggunakan mekanisme investasi pinjaman peer to peer lending atau P2P Lending yang merupakan salah satu bentuk dari fenomena fintech yang ada saat ini. Fintech atau financial tenchnology adalah penyelenggaraan jasa keuangan yang luas bidangnya dengan memanfaatkan teknologi sebagai platformnya, menggantikan platform keuangan tradisional seperti bank yang dinilai tidak bisa menjadi andalan terutama ketika terjadi krisis keuangan baik nasional, regional, maupun global. Bagaimana perkembangan platform fintech saat ini? Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda tahu mengenai financial technology yang menaungi sektor P2P Lending.

Perkembangan perusahaan fintech di dunia

Data yang dikumpulkan oleh VBProfile mengenai laporan landscape perusahaan fintech di dunia menunjukkan hingga saat ini sudah lebih dari 1.000 perusahaan yang terdiri dari perusahaan jasa keuangan lama yang memberikan layanan platform fintech, maupun perusahaan baru yang berbasis fintech, dengan nilai modal lebih dari 105 milyar Dollar AS dan nilai profit sekitar 870 milyar Dollar AS. Dari data tersebut diungkapkan bahwa nila investasi perusahaan fintech naik menajam pada kisaran tahun 2014 hingga 2015. California adalah negara bagian AS yang paling banyak punya perusahaan berbasis fintech, diikuti dengan UK, New York, dan Perancis. Kawasan Asia pun tidak kalah heboh dengan adanya penyelenggaraan jasa keuangan dengan basis teknologi. Memimpin India dan Cina dengan jumlah perusahaan yang paling banyak mengingat populasi kedua negara ini adalah yang paling padat di Asia, kemudian diikuti oleh Australia.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Saat ini tercatat ada lebih dari 100 perusahaan berbasis fintech di Indonesia dengan nilai investasi kedua terbesar di sektor startup, peringkat ini berada tepat di bawah e-commerce. Perusahaan financial technology yang ada di Indonesia dibagi menjadi beberapa kategori yaitu market provisioning, deposit, lending, and capital rising, investment and risk management, dan payment. Artinya, kini Anda bisa melakukan pembayaran, peminjaman dana, investasi, dan juga mengelola resiko keuangan dengan cara online.

Mengapa fintech bisa berkembang dengan begitu cepat?

Perkembangan fintech di Indonesia yang paling terasa adalah dengan adanya mekanisme peer to peer lending di mana dalam satu platform masyarakat bisa melakukan investasi dengan resiko yang minim, sekaligus menjadi harapan dan alternatif bagi para pencari dana yang membutuhkan pinjaman tunai dengan proses yang cepat dan mudah. Beberapa hal yang mempengaruhi perkembangan financial technology seperti SOFIS cukup pesat adalah sebagai berikut:

  1. Dengan adanya teknologi dalam bidang jasa keuangan, aktivitas keuangan kini tidak hanya eksklusif hanya dilakukan oleh para pengusaha maupun individu dengan kondisi dan pengetahuan ekonomi tertentu. Makin banyak orang menggunakan gadget, maka makin besar peluang fintech untuk masuk ke ranah kehidupan masyarakat yang lebih dalam sehingg kini semuanya bisa berpartisipasi dalam kegiatan keuangan. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap pergerakan perekonomian nasional.
  2. Platform fintech juga berkontribusi dalam mendorong inklusi keuangan. Misalnya bagi seseorang yang sedang membutuhkan dana pinjaman untuk kebutuhan mendesak baik untuk kebutuhan pribadi, maupun untuk bisnis. Program fintech seperti P2P Lending yang dikerjakan SOFIS akan sangat membantu dalam mempercepat proses pengajuan pinjaman, bahkan termasuk pinjaman karyawan dengan benefit bunga yang tetap dan rendah. Semua proses dijalankan lewat jalur online, tidak ada proses appraising, tidak ada penyerahan jaminan, dan tidak ada situasi yang membuat gugup ketika berhadapan dengan seorang bankir yang akan menentukan nasib Anda.

Comments

comments