Contact
Generasi Millennial dan Perkembangan Industri Startup

Generasi Millennial dan Perkembangan Industri Startup

Perkembangan Internet yang terjadi seperti saat ini, memberikan dampak yang besar pada manusia untuk mengerjakan hal dalam kesehariannnya. Dengan adanya Internet memudahkan banyak orang untuk mencari informasi yang penting akan suatu hal. Internet saat ini bukan hanya sekedar data yang disuguhkan kepada masyarakat tetapi juga membantu seseorang dalam melakukan aktifitas yang sebelumnya belum dijangkau oleh internet itu sendiri. Dengan kehadiran Internet seperti sekarang, kita juga jadi mengenal istilah startup.

Istilah startup sendiri, diartikan sebagai perusahaan baru yang sedang dikembangkan. Dalam artian yang lebih sempit, startup perusahaan teknologi yang memanfaatkan internet atau media teknologi lainnya yang memberikan pelayanan kepada manusia untuk memudahkan mereka dalam melakukan suatu hal. Banyak sekali pelayanan yang diberikan perusahaan startup kepada banyak orang, seperti kehadiran e-commerce dalam memberikan kemudahan kegiatan berbelanja. Dengan adanya e-commerce orang-orang bisa berbelanja dengan mudah hanya dengan gadget dan akses internet. Kita tidak perlu lagi keluar rumah untuk mencari barang yang ingin kita beli, cukup dengan memesan barang melalui e-commerce dan melakukan pembayaran setelah itu menunggu barang sampai dirumah,

Saat ini, industri startup juga mulai berkembang ke bidang keuangan. Industri-industri startup yang memberikan pelayanan pada bidang keuangan ini sering kita sebut dengan istilah fintech. Dengan kehadiran fintech yang memberikan inovasi system keuangan di era digital membuat manusia menjadi lebih mudah menjalankan segala aktivitas mereka terkait dengan hal keuangan seperti pembayaran, menabung, melakukan pinjaman, atau berinvestasi.  Salah satu perusahaan startup yang berda pada bidang fintech adalah sofis.id. Sofis.id adalah layanan peer to peer lending yang berusaha menghubungkan investor dengan pemilik modal untuk saling berkerja sama.

Kehidaran internet dan perusahaan-perusahaan startup saat ini tidak hanya mengubah gaya hidup, tapi juga peradaban dan generasi. Generasi millennial merupakan generasi yang sangat melek terhadap teknologi dan hidup di dunia digital yang sangat kreatif, inovatif, dan dinamis. Dan pada akhirnya para generasi millennial ini lah yang menjadi penggerak utama kemajuan startup dan inovasi teknologi lainnya.

Generasi millennial seringkali dikatakan sebagai generasi yang sangat dekat denga teknologi .  Karena itu, generasi ini disebut-sebut dapat menciptakan ekosistem digital yang dapat memajukan industri startup yang berkembang pada saat ini. Jika kita perhatikan, banyak sekali founder perusahaan startup yang merupakan generasi millennial. Mereka lebih berani mengambil resiko untuk mencapai apa yang mereka tuju. Namun sayangnya generasi millennial kadang kurang mempertimbangkan resiko yang telah mereka ambil. Hal ini menjadi kelemahan yang membuat millineal tidak dapat dikontrol dengan baik. Walau begitu, generasi millennial selalu punya cara sendri untuk menyelesaikan apa yang telah mereka mulai.

Dengan kehadiran generasi millennial yang terkadang dibilang sebagai genrasi serba instan sebenernya menjadi peluang yang sangat besar untuk perkembangan industri startup. Karena para millennial ini lah yang akan menjadi penggerak, serta pengguna inovasi digital yang dibuat oleh Industri startup itu sendiri.

Comments

comments