Contact

FAQ

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

SOFIS adalah marketplace Pinjaman Peer to Peer yang menghubungkan Peminjam dan Investor/Pendana secara online melalui platform kami yang user friendly, stabil dan aman. SOFIS menerima pengajuan pinjaman individu dand pinjaman usaha, terutama untuk usaha kecil dan menengah. SOFIS bergerak dalam naungan PT Sofis Lestari Fintechindo.

Suatu konsep yang terbukti mampu untuk menghubungkan Peminjam baik itu Peminjam untuk kebutuhan pribadi maupun Peminjam untuk kebutuhan usaha dengan Investor/Pendana secara online sehingga dapat menciptakan efisiensi, transparasi dan tingkat keamanan yang baik.

Platform P2P dapat memberikan alternative bagi individu maupun pengusaha dan UKM untuk mendapatkan pendanaan.

Investor/Pendana mendapatkan kesempatan dan alternative baru dalam berinvestasi yang mana sebelum investasi di Pinjaman hanya dapat di lakukan oleh Insititusi Keuangan ataupun Investor Profesional. Dengan platform SOFIS, seluruh Investor/Pendana mendapatkan kesempatan baru ini dan dapat berinvestasi dengan nilai nominal yang paling dirasa nyaman. Minimum Investasi IDR 1.000.000

Semua individu ataupun perusahaan swasta dan UKM dapat menjadi peminjam di platform SOFIS.

Semua individidu ataupun perusahaan swasta yang berkeinginan untuk menginvestasikan dan mendiversifikasi portofolio nya kedalam bentuk investasi Pinjaman dapat mendaftarkan diri sebagai Investor/Pendana.

Iya. SOFIS akan melakukan penilaian dengan menggunakan beberapa metode yang sejajar dengan apa yang dilakukan oleh Insititusi Keuangan yang ada saat ini, seperti BI Checking, dan lainnya. Hanya Peminjam yang lolos verifikasi yang akan tampil didalam platform kami dengan peringkat pinjaman yang telah kami sesuaikan dari hasil verifikasi tersebut.

Tidak. SOFIS adalah platform Pinjaman P2P, kami bukan konsultan, kami juga bukan Insititusi Keuangan. SOFIS akan membantu Peminjam untuk menggalang dana yang dibutuhkan.

SOFIS saat ini beroperasi dengan menggunakan naungan PT Sofis Lestari Fintechindo. Namun demikian, jenis perusahaan seperti ini sampai saat ini belum di atur oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Bukan. SOFIS bukan Investor/Pendana. Kami adalah perusahaan teknologi keuangan yang menghubungkan Peminjam dan Investor/Pendana.

Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan tentang Peminjam

Seluruh Individu, Pengusaha dan UKM dapat mencoba untuk mengajukan pinjaman di SOFIS.

Untuk Pinjaman Tanpa Agunan/Jaminan:
Range pinjaman untuk Pinjaman Individu adalah di IDR 1.000.000,- sampai IDR 100.000.000,- sedangkan untuk Pinjaman usaha mulai dari IDR 5.000.000,- sampai IDR 200.000.000,-

Tidak. SOFIS akan mengevaluasi, meneliti dan menilai pinjaman tersebut. Setelah itu baru kami akan meminta konfirmasi Peminjam kembali, untuk setelah itu kami tampilkan di platform SOFIS.

Peminjam wajib untuk membayar pokok terhutang atas nilai pinjaman ditambah dengan bunga pinjaman yang telah disepakati dimuka.

[faq_item title=”Peminjam akan mendapatkan dana pinjaman setelah proses penggalangan telah selesai dan minimal 80% dari seluruh dana yang Peminjam ajukan berhasil digalang. Jika nilai pinjaman kurang dari 80%, dan proses penggalangan telah selesai maka dana akan dikembalikan ke Pendana.

Peminjam dapat mengajukan waktu proses penggalangan dana mulai 1 hari sampai 45 hari tergantung tingkat kebutuhan dari Peminjam.

Tentu saja Peminjam dapat melakukan promosi-promosi ataupun kegiatan marketing untuk menginformasikan mengenai proses penggalangan dana yang sedang dilakukan oleh Peminjam.

Semua anggota yang sudah teregistrasi di platform SOFIS dapat melihat informasi yang ditampilkan di website SOFIS.

SOFIS tidak melakukan promosi ataupun marketing terhadap spesifik pinjaman tertentu. Kami hanya akan mengirimkan newsletter kepada Pendana yang telah bergabung bersama SOFIS.

Tidak. Maksimal pinjaman yang akan Peminjam dapatkan adalah 100% dari target penggalangan yang telah ditentukan di awal.

Peminjam dapat melakukan registrasi, jika belum, dan kemudian dapat langsung mengajukan pinjaman, baik itu pinjaman pribadi ataupun pinjaman usaha.

SOFIS akan mengirimkan dana yang telah berhasil digalang ke rekening Peminjam yang telah ditentukan didepan, setelah dipotong biaya-biaya servis dan lainnya.

Tidak. Satu individu hanya dapat mengajukan satu pinjaman pribadi atau satu pinjaman usaha.

Bisa. Peminjam dapat melakukan pembayaran dipercepat tanpa ada biaya tambahan apapun. Peminjam juga tidak perlu untuk membayar sisa bunga yang masih tersisa.

Bisa. Peminjam dapat dengan mudah menginformasikan nilai pinjaman yang telah didapat kepada admin support kami, sehingga kami dapat menambahkan nilai pinjaman tersebut ke nilai pinjaman yang telah berhasil di galang.

SOFIS adalah platform Pinjaman P2P yang menghubungkan Peminjam dan Pendana. Sehingga kami lebih memposisikan diri sebagai penyedia jasa platform. Kami bukan Insitutisi Keuangan, dan kami juga bukan Pendana.

Ada 2 komponen besar biaya yang akan dikenakan kepada Peminjam:
Loan origination Fee
Biaya Servis

SOFIS akan membantu Peminjam dalam menginformasikan kepada para Pendana melalui email newsletter.

SOFIS akan mendepositokan hasil penggalangan dana ke rekening Peminjam, dan setelah itu SOFIS juga akan mengingatkan Peminjam pembayaran bulanan yang wajib dibayar. SOFIS juga akan mengadakan program-program Pemberdayaan (Empowerment Program) untuk meningkatkan penghasilan ataupun penjualan dari Peminjam.

Sebaiknya Peminjam di Indonesia melakukan konsultasi dengan lebih mendetail terlebih dahulu ke Konsultan Pajaknya sebelum mengajukan pinjaman. Dari sepengetahuan kami, Peminjam tidak dikenakan pajak apapun, namun Peminjam wajib melaporkan pinjaman jika terjadi gagal bayar. Untuk pinjaman yang didapat dari Pendana asing, maka pembayaran bunga per bulan atas pinjaman akan dikenakan pajak maksimal sebesar 20%.

Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan tentang Pendana

Individu, dan perusahaan swasta dapat menjadi Pendana di platform kami. Yang perlu dilakukan hanyalah mendaftar di platform kami dan Pendana siap untuk memilih Pinjaman yang ingin didanai.

Pendana Individual yang sesuai adalah Pendana yang telah terdaftar di platform kami dan telah mengetahui seluruh keuntungan, maupun resiko yang terdapat di dalam memberikan Pinjaman kepada Peminjam.

SOFIS memberikan alternative investasi bagi Pendana untuk mendiversifikasi portofolionya, terlebih menurut riset dinegara maju, investasi dalam bentuk memberikan pinjaman memberikan imbal balik hasil per tahun yang lebih tinggi daripada menyimpan dana di Deposito.

Seluruh investasi pasti memiliki resiko, resiko yang paling tampak adalah kerugian uang. SOFIS mencoba untuk menyarankan kepada Pendana untuk mendiversifikasi investasi pinjaman nya, dan tidak menaruh seluruh portofolionya ke satu pinjaman saja. Silahkan lihat ke halaman Edukasi untuk lebih jelas.

Pendana dapat melakukan lebih dari satu investasi secara bersamaan, lebih dari itu SOFIS menyarankan untuk melakukan beberapa investasi untuk mendiversifikasi portofolio investasi pinjaman.

Tim SOFIS akan melakukan uji kelayakan tersebut sebelum pinjaman tersebut ditampilkan secara online di website SOFIS.

Pendana akan mendapatkan bunga atas pinjaman yang diberikan. Seluruh pinjaman sudah tercantum dengan jelas persentase bunga yang wajib dibayarkan oleh Peminjam kepada Pendana.

Maka uang yang sempat di bekukan untuk membiayai pinjaman tersebut akan dikembalikan ke akun Pendana, sehingga Pendana dapat memilih pinjaman yang lain.

Tidak. Investasi Pendana adalah privasi yang akan kami jaga.

Tidak. Pendana akan melakukan topup di akun Pendana di platform SOFIS. Setelah proses penggalangan berhasil, dana akan diserahkan ke Peminjam melalui platform kami. Pembayaran bulanan yang dilakukan oleh Peminjam juga akan diserahkan kepada platform kami yang mana setelah itu akan kami kreditkan ke akun Pendana di platform kami.

Bisa. Dalam kasus tertentu dimana jumlah Pendana sudah melebihi batas, maka ada kemungkinan Peminjam akan memilih Pendana mana yang akan di pilih.

Tidak. Seluruh investasi yang ada memiliki resiko gagal bayar. Namun demikian, SOFIS berusaha semaksimal untuk mengurangi resiko tersebut dengan melakukan beberapa hal:
Menerapkan dana cadangan untuk setiap pinjaman yang disetujui
Melakukan program Pemberdayaan yang rutin melakukan pertemuan 1x per bulan.
Mengasuransikan pinjaman

Gagal bayar adalah resiko yang harus di mengerti oleh Pendana sebelum melakukan investasinya. SOFIS telah melakukan beberapa metode prevensi seperti:
Menerapkan dana cadangan untuk setiap pinjaman yang disetujui
Melakukan program Pemberdayaan yang rutin melakukan pertemuan 1x per bulan.
Mengasuransikan pinjaman

Jika tetap terjadi maka kami akan menggunakan dana cadangan yang ada dan menggunakan dana yang didapat dari asuransi untuk mengembalikan pokok pinjaman Pendana. Terlebih SOFIS akan secara aktif menghubungi pihak Peminjam untuk memberikan solusi pengembalian.
Untuk mengaktifkan dana cadangan, maka kami membutuhkan waktu 3x gagal bayar dan untuk mengaktifkan asuransi, kami membutuhkan waktu 6x gagal bayar.

Setiap Pinjaman memilik peringkatnya masing-masing tergantung dari profil resiko dari pinjaman tersebut. Kami mengadopsi perhitungan peringkat pinjaman dengan mengadopsi cara perhitungan yang telah digunakan oleh perusahaan besar di Amerika untuk memberikan peringkat yang sesuai terhadap setiap pinjaman yang masuk ke sistem kami.

Peringkat pinjaman yang ada di SOFIS mulai dari A1, A2, A3, B1, B2, B3, C1, C2, C3, yang mana A1 dengan tingkat resiko yang paling kecil, sedangkan C3 adalah pinjaman dengan tingkat resiko yang paling besar.

Sistem kami akan secara otomatis menghitung jadwal pembayaran angsuran Peminjam.

Sistem bunga efektif adalah persentase bunga pinjaman yang dikenakan terhadap sisa pinjaman.

Sistem bunga flat adalah persentase bunga pinjaman yang dikenakan terhadap jumlah awal pinjaman.

APR adalah bunga tahunan yang dikenanan ke pinjaman sebagai persentase dari jumlah yang menggambarkan biaya tahunan dari dana pinjaman.

Pendana dapat merubah ataupun menarik investasinya pada saat proses penggalangan belum ditutup, tapi sudah tidak dapat merubah ataupun menarik investasinya pada saat proses telah ditutup.

Pendana akan mendapatkan perjanjian “Promisory Note” atau Perjanjian Kesepakatan Pinjaman antara Pemimjam dan Pendana. Pendana juga akan mendapatkan perjanjian “Participation Agreement” atau perjanjian partisipasi untuk menunjuk SOFIS sebagai agen untuk mengatur partisipasi Pendana dalam melakukan investasinya.

Pendana dapat dengan mudah memilih portofolio pinjaman baru yang sesuai dengan kriteria-kriteria Pendana.

Topup diakun Pendana perlu dilakukan untuk memastikan pinjaman dapat langsung diserahkan kepada Peminjam pada saat proses penggalangan dana telah berhasil dan telah ditutup.

Pendana dapat mengirimkan dananya ke rekening atas nama perusahaan SOFIS, atau juga dapat melakukan topup melalui payment gateway yang telah kami sediakan.

Pembayaran bunga bulanan oleh Peminjam kepada Pendana akan dikenakan pajak bunga sebesar 15%. Namun sebaiknya sebelum berinvestasi, Pendana menanyakan hal ini kembali ke konsultan pajaknya.

Pembayaran bunga bulanan oleh Peminjam kepada Pendana akan dikenakan pajak bunga maksimal sebesar 20%. Namun sebaiknya sebelum berinvestasi, Pendana menanyakan hal ini kembali ke konsultan pajaknya.

Resiko nilai tukar mata uang asing adalah resiko pada saat Pendana asing bermaksud untuk menarik investasinya ke negara asalnya sehingga menyebabkan adanya resiko nilai tukar mata uang asing dari Rupiah ke mata uang asing tersebut.

SOFIS tidak mengenakan biaya apapun untuk menarik dana Pendana dari platform kami.