Contact
Cara Untuk Meningkatkan Kesetiaan Pelanggan

Cara Untuk Meningkatkan Kesetiaan Pelanggan

Banyak yang bilang mengembangkan bisnis mirip seperti membesarkan anak sendiri, usaha apa saja dilakukan agar usaha yang Anda bangun bisa terus menguntungkan termasuk mengajukan pinjaman tunai ke berbagai lembaga keuangan termasuk ke SOFIS. Ukuran pasti yang menentukan sebuah usaha berhasil atau tidak sederhana saja, yaitu seberapa banyak produk Anda terjual dan seberapa banyak konsumen yang beli produk Anda. Tentunya produk Anda dinilai punya keistimewaan oleh pelanggan karena mereka lebih memilih beli produk Anda ketimbang produk perusahaan lain yang serupa dengan harga yang bersaing. Loyalitas konsumen juga jadi faktor penting yang berkontribusi pada pendapatan dari penjualan. Kali ini SOFIS akan memberikan kepada Anda beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga loyalitas atau kesetiaan pelanggan untuk tetap membeli produk Anda.

  1. Tingkatkan kualitas layanan

Selain punya produk yang berkualitas, pelanggan akan sangat nyaman berbelanja di tempat Anda apabila pelayanan yang diberikan memuaskan. Pengusaha yang bisa memberikan pelayanan memuaskan memberikan rasa kepercayaan yang lebih kepada konsumen sehingga mereka tidak segan lagi untuk membeli barang pada Anda. Pelayanan yang memuaskan sebenarnya bisa dimulai dari hal-hal yang sederhana saja misalnya menjaga agar toko atau booth Anda dalam keadaan yang rapi dan bersih dengan penataan display barang yang mudah ditemukan, ramah kepada pengunjung meski tidak jadi beli, apabila Anda punya usaha online pastikan fast response, mengemas barang dengan aman dan rapi, pengiriman barang sesuai dengan jadwal, dan memberikan layanan-layanan alternatif apabila terjadi insiden agar pelanggan tidak langsung kabur dari usaha Anda.

  2. Jangan pelit memberikan promo

Siapa yang tidak tergiur dengan tawaran diskon, promo ongkos kirim gratis, promo beli satu dapat gratis satu, promo voucher untuk pembelian selanjutnya, dan sebagainya. Menawarkan promo-promo yang menarik pada produk Anda bisa mempertahankan pelanggan agar tetap beli produk Anda sekaligus menarik perhatian dari calon pelanggan lain. Kemudian jangan remehkan kekuatan promo dari mulut ke mulut. Kemas promo yang Anda berikan kepada pelanggan dengan menarik agar banyak orang yang membicarakan promo Anda tersebut. Nyatanya, banyak pelanggan yang lebih percaya terhadap omongan orang lain ketimbang iklan yang paling mahal sekalipun. Dengan memberikan promo pada waktu-waktu tertentu sesuai dengan strategi Anda, bisnis yang Anda jalankan mendapatkan keuntungan dari makin banyaknya pelanggan yang datang, plus pelanggan akan mendapatkan keuntungan dari produk yang lebih tinggi nilainya.

  3. Manajemen komplain yang baik

Ada kalanya dalam bisnis Anda akan mendapatkan komplain dari pelanggan baik dari hal yang sepele hingga hal yang serius. Bahkan tidak jarang pelanggan akan melontarkan bahasa yang tidak enak ketika mengajukan komplain. Apa yang harus dilakukan? Jika Anda menghadapi situasi seperti ini tetaplah tenang dan jangan membalas kata-kata kasar dengan emosi. Cari tahu apa yang jadi akar permasalahan, tawarkan solusi yang bisa Anda atau perusahaan berikan, perbaiki faktor yang membuat pelanggan mengajukan komplain. Apalagi jika banyak keluhan datang mengenai objek atau hal yang sama, maka Anda harus mengevaluasi hal tersebut jika ingin kualitas produk meningkat dan pelanggan tidak berpaling dari bisnis Anda.

Untuk memberikan pelayanan yang memuaskan pelanggan baik yang baru maupun lama, Anda mungkin membutuhkan dana untuk menambah fasilitas dan sarana yang dibutuhkan. SOFIS memberikan Anda penawaran menarik untuk mengajukan pinjaman bisnis dengan skema P2P Lending di mana Anda bisa mengajukan pinjaman dengan jumlah yang banyak, bunga yang rendah, dan proses yang lebih aman dan cepat. Tingkatkan terus profit usaha Anda dengan modal yang kini mudah untuk dicairkan bersama dengan SOFIS.

Comments

comments