Contact
Belajar Dari Suksesnya Jack Ma Mendirikan Alibaba

Belajar Dari Suksesnya Jack Ma Mendirikan Alibaba

 

 

 

 

 

Jack Ma merupakan orang terkaya di china yang sukses mendirikan perusahaan raksaksa dibidang e-commerce Alibaba. Sebelum sukses dalam kehidupannya saat ini, Jack Ma sering menemui berbagai macam kegagalan. Banyak sekali kegagalan yang dialami seorang Jack Ma dalam hidupnya, namun dengan kemauan yang keras dan keinginanya untuk terus belajar Jack Ma akhirnya bisa bangkit dan menjadi orang yang sangat sukses sekarang.  Sebelum sukses mendirikan Alibaba, Jack  Ma selalu ditolak dalam pekerjaan manapun di china. Bahkan ia pernah ditolak oleh KFC, dimana dari 24 pendaftar dan hanya satu yang ditolak dan itu seorang Jack Ma.

Setelah Jack Ma ditolak dari 30 perusahaan Jack Ma berubah haluan mendaftarkan dirinya menjadi seorang guru Bahasa Inggris, dengan bekal kemapuan Bahasa Inggrisnya yang sangat fasih. Jack Ma sendiri mulai tertarik belajar Bahasa Inggris sejak umur 12 tahun, dan mencoba menjadi seorang tour guide saat umur 20 tahun. Jack Ma sering bergaul dengan para touris ketika menjadi tour guide, hal ini membuat pandangan Jack Ma akan dunia berubah.

Jack Ma sendiri memang tidak pernah dilatih untuk menjadi seorang pengusaha, dia dilatih untuk menjadi seorang guru. Namun kegigihan dan kerja kerasnya, membawanya sukses menjadi pengusaha yang sangat besar. Jack Ma mendirikan perusahaan e-commerce alibaba di tahun 1999. Dia mulai menggunakan internet pada tahun 1995, berbeda dengan founder perusahaan IT lainnya yang memang sudah ahli dalam bidang IT seperti Bill Gates, Mark Zuckerberg, Steve Jobs, Jack Ma sendiri tidak paham tentang cara coding. Namun, seorang Jack Ma tetap bisa sukses dengan perusahaannya di bidang Internet. Setelah berbisnis selama 16 tahun Jack Ma mengembangkan bisnisnya dengan memiliki Alibaba Group, TMall Group, Taobao Group, Alipay.

Tidak Pernah Mengeluh Dan Berkerja Keras

Kita semua bisa belajar dari kesuksesan Jack Ma saat ini, satu hal yang sangat terlihat dari pembelajaran seorang  Jack Ma dalam perjalanan mendirikan alibaba bahwa Jack Ma tidak pernah mengeluh. Dari berbagai macam kegagalannya mulai dari penolakannya di KFC, ditolak oleh Harvard 10 kali, bahkan diawal berdirinya Alibaba Jack Ma tidak memperoleh uang selama 3 tahun.

Bayangkan saja, mungkin bagi sebagian orang gagal dalam bisnis dan tidak mendapat pemasukkan selama 3 tahun orang tersebut akan kembali berkerja dan mencari uang yang dia bisa. Tetapi Jack Ma berbeda, dia tidak pernah kembali menjadi guru dan terus meneruskan bisnisnya sampai maju dan berkembang. Kegigihan Jack Ma inilah yang menjadi pembelajaran bagi banyak orang, bahwa seharusnya kita harus tetap optimis dan yakin akan jalan yang telah kita pilih.

Pelajaran yang bisa kita ambil dari Jacck Ma dalam mendirikan perusahaan Alibaba, adalah bahwa Jack Ma selalu yakin tentang apa yang dia kerjakan dan selalu mengambil peluang ketika banyak orang mulai mengeluh tentang masalah mereka. Jack Ma selalu memastikan orang yang berkerjasama dengannya  percaya dalam satu impian, walaupun banyak orang yang tidak percaya dengan apa yang dikerjakannya.

Comments

comments