Contact
Alternatif Investasi Baru Untuk Investor Di Sektor P2P Lending

Alternatif Investasi Baru Untuk Investor Di Sektor P2P Lending


Hanya mengandalkan pendapatan tetap saja untuk membiayai hidup sehari-hari rasanya belum cukup untuk mengikuti kebutuhan modern. Terlebih lagi jika Anda punya rencana masa depan yang tidak bisa dibangun hanya dengan mengandalkan gaji bulanan saja, ditambah bagi yang punya keluarga biaya pendidikan yang makin tinggi jika tidak dipersiapkan dengan baik bisa menghambat masa depan putra putri Anda. Banyak orang yang mulai putar otak untuk menambah pendapatan salah satunya dengan cara investasi. Bagi sebagian orang, investasi juga menjadi bentuk usaha bisnis yang menguntungkan. Apa saja jenis investasi yang umum dilakukan orang Indonesia? Mana yang paling menguntungkan?

Bentuk investasi umum yang ada di Indonesia

Yang pertama adalah investasi dengan menyimpan uang di bank. Fungsi utama dari lembaga keuangan bank yang paling melekat di masyarakat Indonesia adalah tabungan dan juga deposito, selain bank juga menawarkan produk pinjaman usaha atau pinjaman pribadi. Sayangnya, kebutuhan manusia yang makin tinggi karena pengaruh inflasi sehingga harga-harga barang yang naik tidak dibarengi dengan peningkatan suku bunga yang diberikan oleh bank. Dengan demikian tabungan dan deposito tidak bisa menjadi produk investasi yang memberikan keuntungan yang Anda harapkan sebagai pendana.

Kemudian ada pasar saham dan forex yang kini mulai banyak dikerjakan oleh para investor pemula. Bermain di pasar trading makin mudah dengan makin banyaknya pialang yang beroperasi di Indonesia dan makin giat untuk mencari nasabah tidak hanya di kalangan pengusaha namun juga di kalangan masyarakat biasa. Keuntungan yang dijanjikan memang luar biasa, dalam satu bulan bukan tidak mungkin Anda bisa mendapatkan keuntungan hingga 10%. Namun yang perlu diwaspadai adalah pasar trading punya tingkat resiko yang sangat tinggi karena harganya yang sangat fluktuatif setiap harinya. Jika tidak hati-hati Anda bisa kehilangan semua investasi Anda dalam sekejap.

Ada juga bentuk investasi dengan properti. Anda bisa berinvestasi dengan cara jual beli tanah atau rumah, jual beli ataupun sewa apartemen dan ruko, atau menawarkan properti untuk dikontrakkan, kos-kosan, dan sebagainya. Investasi di bidang properti resikonya kecil namun juga memiliki nilai return yang kecil. Selain itu Anda butuh modal besar dan BEP yang lama. Jadi jenis investasi apa yang bisa dilakukan dengan menggunakan modal kecil, resiko yang kecil, tapi nilai return yang cukup tinggi?

P2P Lending alternatif investasi yang menguntungkan

Jika Anda belum pernah mendengar mengenai P2P Lending atau peer to peer lending, ini adalah jenis investasi yang terbilang masih baru di Indonesia namun sudah diatur dalam regulasi yang dikeluarkan oleh OJK sehingga aman untuk Anda lakukan. P2P Lending adalah investasi berdasarkan pinjaman tunai yang diajukan oleh pencari dana, kemudian Anda sebagai pemilik dana memberikan dana pinjaman dengan jumlah yang Anda inginkan selama masih di dalam batas minimum dan maksimal. Aliran dana antara investor dengan peminjam diatur dan disalurkan oleh platform marketplace pinjaman seperti SOFIS di mana seluruh proses investasi dilakukan secara online.

Keuntungan didapatkan dari bunga pinjaman pokok yang dibayarkan kembali oleh para peminjam kepada investornya. Bergabung di platform SOFIS nantinya Anda bisa melihat jenis pinjaman apa saja yang diajukan, seberapa besar resikonya, berapa besar bunga yang akan Anda dapatkan, dan berapa lama masa pinjamannya. P2P Lending bisa jadi diversifikasi portofolio investasi yang bagus untuk manajemen resiko Anda karena dengan skema ini Anda bisa mendapatkan pendapatan pasif dengan keuntungan hingga 30% per tahunnya. Gabung sekarang juga sebagai pendana di SOFIS dan nikmati berbagai kemudahan investasi yang tidak Anda dapatkan di investasi konvensional lainnya.

Comments

comments