Contact
8 Cara Menghasilkan Uang Untuk Mahasiswa

8 Cara Menghasilkan Uang Untuk Mahasiswa

Ketika kita menjadi seorang mahasiswa, pasti akan disibukkan oleh kegiatan belajar dan mengerjakan tugas kuliah. Walau disibukkan oleh kegiatan belajar, seorang mahasiswa masih bisa menghasilkan uang lebih walaupun dia tidak berprofesi sebagai seorang karyawan. Banyak sekali yang bisa dimanfaatkan mahasiswa saat ini, untuk menghasilkan uang. Bahkan banyak mahasiswa yang sukses mempunyai penghasilan yang cukup besar, dan lebih banyak dari para karyawan yang telah berkerja.

Mungkin, banyak yang berfikir bahwa sebagai mahasiswa harus fokus terhadap pendidikannya di bangku kuliah. Sehingga, banyak mahasiswa yang lebih memilih belajar saja dibanding sambil mencari uang lebih sebagai pemasukan. Sebagian lagi berfikir bahwa, untuk mencari uang cukup sulit bagi seorang mahasiswa yang belum memiliki predikat sebagai seorang sarjana. PadahaL, banyak sekali cara lain yang bisa dilakukan oleh mahasiswa agar menghasilkan uang. Berikut ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan mahasiswa untuk menghasilkan uang.

  1. Bisnis Kecil-Kecilan

Sebagai  seorang mahasiswa, kamu bisa menghasilkan uang dengan membuka bisnis kecil-kecilan. Kamu bisa memulai bisnis dengan menjual produk yang kamu buat sendiri seperti produk makanan, minuman, perlengkapan mahasiswa, dll. Selain menjual produk sendiri, kamu juga bisa memulai bisnis dengan menjual produk MLM ataupun franchise. Memang dalam berbisnis, pasti membutuhkan modal agar bisa berjalan. Kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa mensisihkan sebagaian uang saku kamu sebagai modal, atau kamu juga bisa melakukan pinjaman online melalui peer to peer lending untuk mendapatkan modal usaha. Peer to peer lending sendiri, sebenarnya adalah sebuah marketplace untuk menghubungkan peminjam dana dan investor pemberi modal. Salah satunya adalah sofis.id, di sofis kamu bisa meinjam pinjaman untuk menambah modal kamu membuka usaha.

 

  1. Mengikuti Internship

Kamu juga bisa mengikuti program internship yang dibuka oleh perusahaan, untuk menghasilkan uang. Internship sendiri merupakan program bagi mahasiswa, untuk melatih kemampuan mereka dalam berkerja. Dalam program internship, kamu sebagai mahasiswa tidak akan terlalu terikat. Dengan begitu, kamu masih bisa mengerjakan segala aktifitas belajar kamu di kuliah.

 

  1. Membuka Jasa Freelance

Jika ada yang kamu kuasai dalam pekerjaan teknis atau hardskill, kamu bisa menggunakan kemampuan kamu untuk menghasilkan uang dengan menjadi seorang freelance. Mulailah menawarkan kemampuan kamu dan berikan jasa freelance sesuai bidang hardskill yang kamu kuasai seperti freelance designer, web developer, content writer, video editor, dll.

 

  1. Menjadi Asisiten Dosen

Jika kamu mempunya predikat yang cukup baik pada akademis kamu saat ini, kamu bisa menjadi seorang asisten dosen untuk menghasilkan uang. Dengan menjadi asisten dosen, bisanya kamu akan diberikan upah setiap pertemuan. Selain mendapatkan uang, dengan menjadi asisten dosen kamu akan dipandang lebih baik dimata para dosen.

 

  1. Ojek Online

Kehadiran perusahaan startup ojek online, akan memberikan banyak peluang bagi banyak orang untuk mendapatkan uang dengan menjadi seorang driver ojek online. Sebagai mahasiswa kamu bisa memanfaatkan peluang ini, untuk menghasilkan uang. Keuntungan menjadi driver ojek online, kamu tidak terikat oleh waktu untuk berkerja. Dengan begitu, kamu bebas mencari uang, tapi mengganggu kegiatan belajar kamu sebgai seorang mahasiswa.

 

  1. Investasi

Kamu juga bisa melakukan berbagai macam investasi, untuk menghasilkan uang sendiri. Dengan mempelajari berbagai macam jenis investasi, seperti saham, reksadana, deposito akan membuatmua menjadi seorang investor yang bisa menghasilkan uang dimasa depan. Selain jenis-jenis investasi tersebut, kamu bisa juga berinvestasi melalui peer to peer lending seperti sofis.id dengan mendaftarkan diri sebagai seorang investor.

 

Menjadi mahasiswa dengan segudang aktifitas belajar yang padat, bukan berate kamu tidak bisa menghasilkan uang sendiri. Dengan mengikuti cara-cara diatas, kamu bisa menghasilkan uang kamu sendiri. Bahkan cara-cara tersebut, bisa membuat hidup kamu menjadi lebih mandiri. Namun yang harus diingat, bahwa kegiatan belajar sebagai seorang mahasiswa adalah kewajiban utama yang harus kamu selesaikan.

Comments

comments