Contact
7 Tips Menuju Kebebasan Keuangan atau Financial Freedom

7 Tips Menuju Kebebasan Keuangan atau Financial Freedom

Kita mungkin sering mendengar kisah Inspirasi Merry Riana, seorang motivator Indonesia yang sukses mencapai kebebasan keuangan atau financial freedom. Dalam buku “Mimpi Sejuta Dolar” yang ditulis oleh Merry Riana, Ia mengatakan “Jika anda benar-benar berjuang untuk mengubah nasib, bekerja keraslah sejak sekarang. Lakukan sesuatu untuk memulai sejarah perubahan dalam hidup anda”. Inti kalimat ini, Merry Riana ingin menyampaikan bahwa semua yang didapatnya tidak semata-mata instan ia dapatkan melainkan melalui perjuangan yang begitu keras.
Banyak diantara kita yang ingin bisa seperti Merry Riana mencapai kebebasan keuangan atau financial freedom. Namun yang menjadi masalah, adalah kita begitu sulit merealisasikan kerja keras yang harus kita lakukan untuk mencapai kebebasan keuangan itu sendiri. Dan akhirnya hanya terus berada pada zona nyaman, yang membuat kita sulit untuk berkembang. Kali ini SOFIS akan memberikan tips bagaimana caranya untuk mencapai kebebasan keuangan, bagi para pembaca sekalian. Berikut beberapa tips menuju kebebasan keuangan atau financial freedom:

 

1. Ubah Mindset atau Cara Berfikir
Law of attraction, atau hukum tarik menarik sering sekali disampaikan oleh Merry Riana saat menjaadi pembicara suatu seminar. Pengertian konsep Law of Attraction sendiri, adalah bahwa sesuatu yang akan terjadi dalam hidup kita sesuai dengan apa yang ada dalam pikiran kita. Misal jika kita ragu akan keadaan dan berfikir akan terjadi sesuatu yang buruk maka hal seperti itu akan benar-benar terjadi. Melainkan jika kita mencoba berfikir positif, maka akan terjadi hal yang positif dalam hidup kita. Hal ini lah yang harus ditanamkan dalam mindset kita untuk mencapai kebebasan keuangan. Dengan meyakini, bahwa kita bisa sampai ditahap bebas keuangan dan menyeimbanginya dengan usaha yang keras.

 

2. Membuat Rencana Keuangan
Bukan hanya dengan kemauan yang kuat saja, untuk mencapai kebebasan keuangan atau financial freedom adalah dengan melakukan tindakan yang nyata. Mulai buat rencana keuangan kamu dari sekarang, rencanakan apa saja yang akan kamu keluarkan setiap bulannya. Dengan begitu, kamu akan dapat menyesuaikan seluruh pengeluaran kamu dengan pemasukan yang kamu dapat.

 

3. Mulai Menabung dan Berinvestasi
Mulai lah anggarkan sebagian penghasilan kamu untuk ditabung atau melakukan kegiatan investasi . Dengan menabung, kamu akan memiliki cadangan yang terus meningkat, dan kamu bisa menanggulangi jika terjadi masalah dalam keuangan kamu dimasa depan. Selain menabung, kamu juga bisa mensisihkan sedikit uang dari penghasilan kamu untuk melakukan kegiatan investasi yang menguntungkan. Sekarang banyak kegiatan investasi yang bisa dilakukan selain membeli saham, salah satunya dengan bergabung sebagai investor pada Peer to Peer Lending. Peer to Peer Lending adalah sebuah marketplace yang menghubungkan antara peminjam dana dengan investor. Salah satu Peer to peer lending di Indonesia adalah sofis.id, dengan sofis.id kamu bisa mendaftarkan diri kamu sebagai investor dan memulai untuk berinvestasi.

 

4. Menambah Jaringan
Kamu harus sering bertemu banyak orang dan menambah jaringan dalam hidup kamu. Kalau kita lihat, banyak sekali orang yang mencapai kebebasan keuangan seperti Merry Riana adalah orang yang sangat aktif dalam kehidupan social. Semakin banyak jaringan, maka kamu akan mempunyai koneksi yang luas untuk mencapai kebebsaan keuangan dalam hidup kamu.

 

5. Jangan Berutang
Inti dari kebebasan keuangan adalah dapat memenuhi semua kebutuhan dalam hidup kita. Tanpa ada beban yang menyulitkan kita untuk memenuhi kebutuhan. Oleh karna itu, kamu harus menghindari utang untuk mencapai kebebasan fianancial.

 

6. Miliki Usaha Sendiri
Cobalah membangun usaha milik kamu sendiri, dengan begitu kamu dapat mencapai kebebasan keuangan lebih cepat. Dengan berusaha, kamu bisa mendapat keuntungan lebih dibanding hanya bekerja disuatu perusahaan.

 

7. Mulailah Hidup Sederhana
Kebanyakan dari kita berfikir bahwa orang-orang yang telah mencapai kebebasan financial dapat berfoya-foya dan bisa membeli apa saja yang mereka inginkan. Padahal banyak yang tidak kita ketahui tentang hidup orang-orang sukses yang telah mencapai kebebasan keuangan. Banyak diantara mereka yang sebenarnya hidup dalam keadaan yang sederhana.

Dari seluruh tips diatas kita, dapat mengetahui bahwa untuk mencapai kebebasan keuangan atau financial freedom bukan hal yang mudah. Kita butuh perjuangan untuk mencapai kebebasan keuangan dalam kehidupan diamasa depan. Namun yang paling penting bahwa tujuan dari kebebasan keuangan sendiri adalah hidup bahagia dengan segala kebutuhan yang terpenuhi. Kita tidak akan pernah mencapai kebebasan keuangan jika tidak memulai untuk hidup bahagia dari sekarang.

Comments

comments