Contact
7 Cara Meningkatkan Jumlah Tabungan

7 Cara Meningkatkan Jumlah Tabungan

Menabung menjadi hal yang sangat penting untuk setiap orang, dengan menabung kita akan mendapatkan manfaat yang baik untuk kehidupan kita di masa depan. Misalkan saja nanti ada keperluan mendadak, seperti kebutuhan berobat ketika sakit atau untuk memperbaiki barang yang rusak. Bayangkan saja jika kita tidak punya tabungan, mungkin kita akan kesulitan untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut. Oleh karena itu, menabung menjadi keharusana bagi setiap orang untuk memenuhi seluruh kebutuhannya di masa depan.

Namun, sering sekali kita tidak konsisiten dalam hal menabung. Sehingga tabungan yang kita miliki tidak bertambah, bahkan terkadang tabungan yang kita milki malah berkurang karena terpakai untuk keperluan suatu hal. Memang menabung bukan hal yang mudah, namun jika kita menabung dengan sungguh-sungguh maka kita bisa mendapatkan hasil yang baik untuk tabungn kita di masa depan. Untuk bisa menabung dengan baik, kita juga harus mengontrol diri kita dalam menggunakan uang agar uang yang kita gunakan tidak berlebihan untuk sesuatu yang sia-sia. Berikut ini, beberapa cara meningkatkan tabungan kamu.

  1. Mengeluarkan Uang Seperlunya

Jangan keluarkan uang untuk sesuatu yang tidak terlalu kamu butuhkan, agar tabungan yang kamu miliki tidak habis begitu saja. Ada baiknya kamu harus catatat seluruh sesuatu yang ingin kamu beli ketika berbelanja, sehingga kamu tidak membeli barang yang tidak terlalu kamu butuhkan saat berbelanja. Dalam berbelanja, sebaiknya kamu membawa uang seperlunya saja sesuai dengan barang yang ingin kamu beli.

 

  1. Mencatat Pengeluaran Setiap Bulan

Ada baiknya kamu mencatat seluruh pengeluaran kamu selama satu bulan, agar kamu tahu untuk apa saja uang yang sudah kamu keluarkan. Dengan begitu, kamu bisa terus mengevaluasi diri kamu setiap bulannya agar terus hidup hemat.

 

  1. Mensisihkan Sebagian Gaji Setiap Bulan

Sisihkan sebagian gaji kamu untuk ditabung setiap bulannya, agar tabungan kamu terus bertambah. Kamu bisa mengambil 20% sampai 30% dari gaji kamu utnuk ditabung. Lakukan hal ini dengan konsisten, dengan begitu tabungan kamu akan bertambah dengan cepat.

 

  1. Buat Rekening Tabungan

Jangan satukan tabungan yang kamu miliki dalam satu rekening, sebaiknya kamu membuat rekening tabungan kamu terpisah dengan rekening untuk keperluan sehari-hari kamu. Agar kamu bisa memantau perkambangan tabungan kamu, dan uang tabungan kamu tidak terpakai untuk hal yang tidak diperlukan.

 

  1. Berinvestasi

Agar uang tabungan kamu bertambah sebaiknya kamu berinvestasi untuk mendapatkan keuntungan di masa depan. Seperti membeli  saham, atau membeli emas untuk dijual kembali ketika harga sedang naik. Kamu juga bisa mendaftarkan diri kamu sebagai investor, pada platform Peer to Peer Lending. Peer to peer lending sendiri, merupakan sebuah platform untuk menghubungkan peminjam dana dengan investor. Salah satu peer to peer lending di Indonesia adalah sofis.id., dengan mendaftarkan diri sebagai Investor kamu dapat menjadi investor untuk mendanai berbagai macam pinjaman dan mendapatkan keuntungan di masa depan.

 

  1. Kurangi Penggunaan Kartu Kredit

Sebaiknya kamu jangan menggunakan kartu kredit, jika kamu tidak bisa mengendalikan diri kamu dalam menggunakannya. Karna penggunaan kartu kredit yang terlalu sering, bisa menambah hutang yang akan membebankan diri kamu nantinya. Tapi jika kamu bisa mengatur pengeluaran kamu, ada baiknya membatasi transaksi penggunaan kartu kredit agar tidak menimbulkan hutang yang terlalu banyak nantinya.

 

  1. Mencari Pekerjaan Tambahan

Carilah pekerjaan lain yang tidak tetap, untuk menambah pemasukkan kamu. Kamu bisa menjadi seorang freelancer, pada suatu bidang yang kamu kuasai. Namun, jangan sampai mengganggu pekerjaan tetap yang kamu miliki saat ini.

Comments

comments