Contact
6 Tips Mengatur  Keuangan Dibulan Ramadhan

6 Tips Mengatur Keuangan Dibulan Ramadhan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah bagi seluruh umat muslim didunia. Orang-orang berlomba untuk mendapat pahala disaat bulan ramadhan ini. Namun, terkadang saat bulan ramadhan pengeluaran menjadi lebih banyak dan kebeanyakan dari kita akan bersikap boros. Belum lagi dengan kenaikan harga bahan pokok yang serng terjadi menjelan lebaran. Membuat kita sulit mengatur keuangan kita sendiri. Oleh karena itu, saat bulan ramadhan ini kita wajib untuk mengatur pengelolaan uang agar kita tidak boros dan dapat menghemat keungan kita saat bulan ramadhan  ini. Berikut berapa hal yang dapat menghemat keungan dibulan ramadhan, diantaranya:

  1. Buat Perencanaan Sebelum Ramadhan

Ada baiknya sebelum ramadhan kita membuat perencanaan bulan ramadhan, dengan menulis seluruh pengeluaran yang akan kita keluarkan dibulan ramadhan. Dengan begitu kita akan lebih teratur untuk menjaga keungan kita dan tidak bersikap boros atas apa yang akan dikeluarkan nantinya untuk membeli kebutuhan sehari-hari saat bulan ramadhan. Perhitungkan seluruh anggaran dengan sangat jelas dan detail.

 

  1. Buat List Belanja

Terdang saat berbelanja, kita sering membeli sesuatu yang tidak terlalu diperlukan. Ada baiknya jangan melupakan untuk membuat list daftar belanja sebelum kamu pergi belanja, dengan begitu kamu tidak akan mengeluar kann uang lebih dan tidak membeli sesuatu yang tidak terlalu dibutuhkan. Dengan begini kamu akan menghemat keuangan kamu dengan sangat baik.

 

  1. Berbelanja Dalam Jumlah Banyak

Ada baiknya kamu lansusng berbelanja dalam jumlah banyak untuk satu bulan penuh. Karna banyak belanjaan yang akan mendapat potongan lebih jika kamu belanja dalam jumlah yang cukup banyak dengan begitu kamu akan lebih hemat. Selain itu, kamu juga dapat menghemat waktu lebih banyak dan fokus dalam beribadah selama bulan ramadhan,

 

  1. Jangan Terlau Sering Buka Diluar

Untuk menghemat keuangan saat ramadhan, ada baiknya jangan terlalu banyak berbuka diluar. Kamu akan sangat bros jika menghabiskan uang kamu hanya untuk berbuka diluar. Ada baiknya lebih banyak berbuka dirumah dengan memasak sendiri makanan untuk berbuka.

 

  1. Kelompokkan Untuk Pengeluaran Hari Raya

Ada baiknya kamu sisihkan sebgaian uang kamu untuk keperluan hari raya dengan membuat list yag berbeda. Dengan begitu kamu tidak akan mengeluarkan banyak uang untuk keperluan hari raya, catat semua perbelanajaan sampai dengan keperluan mudik jika kamu pergi mudik di hari raya.

 

  1. Jangan Terlalu Banyak Beli Baju Lebaran

Saat ramadhan sering sekali kita jumpai diskon dimana-mana, dengan harga yang ditawarkan cukup murah. Ada baiknya kita tidak terlalu tergiur dengan diskon murah pada pakaian dipusat perbelanjaan. Beli secukupnya saja untuk keperluan saat lebaran, atau jika kamu bisa lebih hemat adalah dengan tidak membeli dan menggunakan pakaian lama yang masih bagus. Dengan begitu keuangan kamu tidak akan keluar terlau banyak.

 

Demikian beberapa tips menghemat keuangan saat bulan ramadhan, dengan menjalankan tips sesuai dengan yang dipaparkan oleh artikel ini diharapkan dapat menjaga keuangan kamu saat ramadhan dan membuatmu fokus dalam beribadah. Selalu ingat dan tanamkan dalam diri kamu bahwa keuanganmu begitu penting dijaga dengan baik, agar kehidupan lebih nyaman dan bahagia.

Comments

comments