Contact
6 Tips Agar Tubuh Tetap Sehat Walau Sering Berkerja Lembur

6 Tips Agar Tubuh Tetap Sehat Walau Sering Berkerja Lembur

Bagi sebagian kita yang berkerja sebagai seorang karyawan kantoran, pasti pernah merasakan kerja lembur dengan waktu jam kerja yang panjang. Tugas dang tanggung jawab yang harus diselesaikan di kantor, membuat banyak diantara kita sering berkerja lembur. Kerja lembur sendiri sering diidentikkan dengan jam kerja yang melelahkan, banyak orang berkerja lembur membuat pola hidup mereka sendiri menjadi tidak sehat. Seperti waktu tidur yang kurang, terlalu banyak mengkonsumsi kopi, atau mata yang selalu tertuju pada layar komputer.

Walaupun begitu, sebagai seorang karyawan yang professional  kita pasti diwajibkan untuk menyelesaikan pekerjaan kita. Dengan banyaknya jumlah kerjaan yang harus dikerjakan, membuat kita mau tidak mau harus berkerja lembur dengan waktu kerja yang cukup panjang. Sering berkerja lembur bisa memberikan dampak yang tidak baik untuk tubuh kita, jika kita sendiri tidak bisa mengatur pola hidup yang sehat dalam diri kita. Berikut ini, ada beberapa tips agar tubuh tetap sehat walau sering berkerja lembur.

 

  1. Olahraga yang Teratur

Jika kamu sering lembur dalam berkerja, sebaiknya kamu harus sering olahraga dengan teratur agar stamina pada tubuh tetap terjaga. Kamu bisa berolahraga dengan mengambil waktu di hari libur, atau kamu juga bisa mengambil waktu saat tidak lembur di hari sore. Atau jika kamu benar-benar sangat sibuk, kamu juga bisa mengambil waktu olah raga dengan bersepeda ke kantor. Dengan seringnya berkerja lembur, membuat olah raga menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan agar tubuh tetap bisa kuat menjalani aktivitas yang cukup padat.

 

  1. Mengatur Pola Makan

Kamu harus menjaga pola makan kamu dengan baik, kurangi makanan yang mengandung lemak berlebihan karena tidak baik untuk tubuh kamu. Sebaiknya kamu menjaga pola makan dengan 4 sehat 5 sempurna, atau memperbanyak konsumsi sayur serta buah-buahan yang baik untuk tubuh.

 

  1. Mengganti Kopi Dengan Air Putih

Terlau banyak mengkonumsi kopi, sangat tidak baik untuk tubuh kita. Sebaiknya kamu mengganti kopi dengan mengkonsumsi air putih yang cukup banyak, agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Selain itu, air putih sendiri juga berfungsi untuk meningkatkan fokus kita dalam melakukan berbagai aktifitas.

 

  1. Konsumsi Vitamin

Dengan mengkonsumsi vitamin, bisa mengurangi resiko kesehatan kamu dalam berkerja lembur. Kamu bisa mengkonsumsi vitamin yang baik untuk tubuh kamu, agar tetap bugar dalam menjalani segala aktivitas.

 

  1. Gunakan 15 Menit Untuk Tidur Siang

Selama berkerja kita tidak punya waktu banyak untuk tidur siang, padahal tidur siang memiliki manfaat yang baik untuk tubuh kita. Dengan tidur siang, kita bisa merefresh kembali pikiran kita yang cukup lelah ketika berkerja. Karena waktu istirahat dalam berkerja yang terbatas, kita sebaiknya tetap melakukan tidur siang walaupun 15 menit saja.

 

  1. Berhenti Merokok

Merokok mungkin bisa menghilangkan stress kita dalam berkerja, namun dampak negative dari merokok sangat banyak. Dengan pola kerja lembur, sebaiknya kamu mulai berhenti merokok karna akan berdampak tidak baik untuk tubuh dan bisa menimbulkan banyak penyakit nantinya.

 

Setiap orang, memang ingin memiliki waktu yang sesuai dan tidak melelahkan dalam hidup mereka. Namun tuntutan pekerjaan dan tanggung jawab dalam berkerja, membuat banyak orang harus merelakan waktu dalam beristirahat. Oleh karena itu, waktu istirahat yang kurang dan lebih banyak dihabiskan untuk berkerja. Sebaiknya melakukan berbagai tips yang sudah dijelaskan, agar tubuh tetap terjaga setiap harinya.

 

Comments

comments