Contact
6 Tips Agar Hemat Biaya Pernikahan

6 Tips Agar Hemat Biaya Pernikahan

Menikah dan membangun keluarga memang memerlukan modal yang tidak sedikit, namun biaya bukan lah hal yang menjadi penghalang niat seseorang untuk menikah. Setiap orang bisa menikah sesuai dengan kemampuan ekonomi mereka, tanpa perlu dibebani dengan biaya yang begitu mahal. Karena sebenarnya, kita semua bisa menikah dengan biaya yang hemat dan tidak perlu menghamburkan terlalu banyak uang. Karena lebih baik uang yang kita miliki tidak hanya habis untuk biaya pernikahan, tapi juga bisa digunakan untuk membangun keluarga nantinya.

Menikah sendiri merupakan hal yang cukup penting, untuk menuju proses kedewasaan seseorang. Dengan menikah kita bisa belajar untuk bertanggung jawab, dan membangun keluarga dengan keidupan yang bahagia. Menjalani proses pernikahan dengan sederhana, sebenarnya tidak menjadi masalah bagi setiap orang. Namun, terkadang perasaan gengsi menjadi beban seseorang untuk menikah dan akhirnya banyak orang yang lebih memilih untuk berhutang diluar batas kemampuan mereka. Sehingga, kehidupan berkeluarga mereka dipenuhi beban hutang yang cukup banyak untuk dilunasi. Hutang yang menumpuk tersebut, pada akhirnya menjadi hal yang membuat keluarga kamu berjalan tidak harmonis. Dengan menghemat biaya nikah, dan menyimpan sebagian uang untuk kehidupan keluarga di masa depan. Sebenanya lebih baik,dibandingkan dengan meminjam uang yang terlalu besar untuk keperluan menikah. Berikut ini, beberapa tips agar hemat biaya pernikahan.

  1. Tentukan Budget Maksimal

Untuk menghemat biaya pernikahan ada baiknya diskusikan budget maksimal yang harus dipersiapkan dengan pasangan, buatlah budget yang sesuai dengan kemampuan kamu. Jangan membuat budget yang terlalu besar, dan tidak sebanding dengan keuangan kamu. Dengan menentukan budget, akan memudahkan kamu dalam membuat rincian dana yang harus dikeluarkan.

 

  1. Buat Rincian Dana Yang Harus Dikeluarkan

Setelah menentukan budget yang akan kamu keluarkan untuk biaya pernikahan kamu, mulailah membuat rincian dana yang akan kamu keluarkan sesuai dengan budget kamu. Catat seluruh dana yang akan kamu keluarkan nantinya, rincian dana ini akan menghemat pengeluaran kamu dan membuat kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tidak terlalu kamu perlukan dalam pernikahan kamu nantinya.

 

  1. Menghilangkan Tradisi

Tradisi mungkin penting dalam suatu pernikahan, namun jika kondisi keuangan kamu tidak mencukupi. Ada baiknya jangan terlalu memaksakan, untuk menggunakan tradisi dalam pernikahan. Menghilangkan tradisi yang akan membuat kamu mengeluarkan uang banyak, akan membuat hemat pengeluaran kamu.

 

  1. Membentuk Panitia Sendiri

Saat ini biaya wedding organizer cukup mahal, kamu perlu mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk menyewa wedding organizer. Solusi yang bisa kamu lakukan adalah memanfaatkan anggota keluarga besar untuk mengurus acar pernikahan kamu, agar biaya pernikahan yang harus kamu keluarkan tidak terlalu banyak.

 

  1. Batasi Undangan

Batasi Undangan pernikahan kamu, sesuai dengan rincian pengeluaran dana yang telah kamu buat. Jangan memaksakan untuk mengundang banyak orang, undanglah kerabat terdekat saja yang mengenal kamu dan pasangan kamu.

 

  1. Sewa Gedung Di Hari Kerja

Kamu bisa menyewa  gedung di hari kerja, untuk menghemat biaya pernikahan kamu. Karena jika kamu menyewa gedung untuk hari libur, biasanya biaya sewa akan menjadi lebih mahal dibandingkan dengan biaya sewa gedung pada hari kerja.

Comments

comments