Contact
6 Ide Untuk Menghasilkan Ide Bisnis Yang Kreatif

6 Ide Untuk Menghasilkan Ide Bisnis Yang Kreatif

Bisnis UKM adalah bentuk usaha yang sampai sekarang masih jadi primadona di Indonesia. Rasanya selalu ada saja ide-ide baru yang muncul dari para entrepreneur untuk meraih peluang dan menjadikannya pundi-pundi penghasilan. Bagaimana dengan Anda? Sudah mendapatkan ide bisnis yang mau ditekuni? Kalau sudah dapat idenya jangan lupa untuk memperbesar peluang Anda untuk mengembangkan usaha dengan bergabung sebagai peminjam di SOFIS. Kalau belum punya ide, tips menghasilkan ide bisnis kreatif di bawah ini mungkin bisa membantu Anda.

  1. Mind set seorang creator

Orang yang sudah punya bisnis pun harus terus putar otak untuk memberikan inovasi-inovasi baru pada bisnisnya agar bisa bersaing dan berkembang. Meski bisnis UKM saat ini sudah bisa dibilang mencakup hampir semua hal jadi usaha, namun Anda masih bisa terus brainstorming untuk mencari peluang yang tidak dilihat oleh kebanyakan pengusaha. Oleh karena itu teruslah menggali ide yang ada di otak Anda bahkan yang dirasa paling tidak masuk akal sekalipun, tuliskan pada organizer Anda, siapa tahu nanti ketemu peluang yang bisa Anda manfaatkan untuk bisnis.

  2. Cari masalah dan solusinya

Cari masalah yang dialami oleh orang banyak adalah peluang bisnis UKM yang cukup menjanjikan. Bisnis-bisnis start up misalnya, bisnis-bisnis digital ini bisa tumbuh subur di Indonesia karena bisa menjadi solusi bagi berbagai permasalahan masyarakat pada umumnya dengan cara digital di mana masyarakat Indonesia saat ini sudah makin melek teknologi dan internet. Bisnis peer to peer lending juga bisa jadi contoh usaha yang diwujudkan karena adanya masalah bersama yaitu sulitnya mendapatkan akses investasi yang lebih menguntungkan dan akses pinjaman dana yang lebih mudah. Carilah masalah yang jadi isu bagi banyak orang, temukan solusinya, kemudian kembangkan menjadi model bisnis yang menguntungkan.

  3. Cari apa yang belum ada

Salah satu bisnis UKM yang bisa Anda jalankan misalnya adalah dengan membeli lisensi waralaba. Waralaba apa? Waralaba minimarket sudah banyak dilakukan orang hingga mejamur, tapi sudahkah ada waralaba tersebut di daerah sekitar Anda? Poinnya adalah meski sudah ada bentuk usaha sejenis, tapi belum tentu bentuk bisnis tersebut bisa dijangkau dengan mudah di wilayah Anda. Ini bisa jadi peluang bisnis karena Anda memberikan akses yang lebih mudah untuk masyarakat sekitar ikut menikmati produk dari bentuk bisnis tersebut.

  4. Berikan sentuhan inovasi

Ide bisnis UKM bisa datang dari mana saja, termasuk terinspirasi dari bisnis orang lain. Namun bukan berarti harus dicontek seluruhnya, berikan sentuhan inovasi yang dilahirkan dari imajinasi Anda sendiri, disesuaikan dengan kebutuhan pasar atau masyarakat, dan juga kemampuan Anda termasuk dari modal yang dimiliki.

  5. Membangun networking

Bergabunglah dengan orang-orang yang punya passion di bidang bisnis dan sudah berpengalaman dalam mempraktekkannya. Perbanyak kenalan dan relasi Anda, hadiri berbagai acara sosial yang menjadi tempat berkumpulnya para entrepreneur, hadiri workshop-workshop pemberdayaan UKM, intinya adalah mengedarkan diri Anda untuk mendapatkan jaringan relasi yang bisa membantu Anda dalam mengembangkan usaha ide, mendapatkan inspirasi, mendapatkan tips yang sudah teruji dalam situasi yang nyata.

  6. Minta pendapat sana sini

Sudah punya ide bisnis UKM tapi masih ragu dengan potensinya? Anda bisa bertanya kepada orang-orang terdekat atau jaringan relasi Anda yang Anda percaya. Ceritakan bagaimana Anda sudah punya ide untuk bisnis tapi masih ragu untuk eksekusi. Cara ini bisa jadi cara Anda melakukan brainstorming untuk melihat adakah peluang bagi bisnis Anda untuk bisa berkembang dan menguntungkan? Pendapat orang lain juga bisa Anda perlakukan sebagai pendapat calon konsumen,  apakah mereka mau beli produk Anda? Kualitas seperti apa yang diharapkan oleh mereka ketika membeli sebuah barang?

Comments

comments