Contact
6 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Melakukan Kredit Kendaraan

6 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Melakukan Kredit Kendaraan

Saat ini, banyak orang yang membeli kendaraan pribadi sebagai media transportasi yang bisa digunakan kapan saja .  Banyak orang yang beralasan bahwa kendaraan pribadi begitu penting, karena mereka menginginkan kenyamanan, keamanan, serta kepraktisan dalam menggunakan transportasi mereka sendiri. Melihat kondisi transportasi publik yang tidak begitu baik, membuat keinginan untuk memiliki kendaraan pribadi memang menjadi tak terelakan. Dengan memiliki kendaraan pribadi sendiri, kita bisa pergi kemana saja yang kita mau tanpa perlu mengkhawatirkan kita akan terlambat ketempat yang akan kita tuju. Namun sayangnya membeli kendaraan secara tunai membutuhkan uang yang tidak sedikit . Sehingga, membuat banyak orang yang melakukan kredit unruk kendaraan mereka.  Ada beberapa hal yang sebenarnya harus kita pertimbangkan sebelum melakukan kredit kendaraan, agar utang yang kita bayarkan segera lunas dan kita tidak terbebanai dengan utang yang menumpuk dari kredit kendaraan yang kita ajukan. Berikut beberapa hal yang harus anda pertimbangkan sebelum melakukan kredit kendaraan.

 

  1. Memilih Kendaraan Sesuai Kebutuhan

Sebelum anda melakukan kredit kendaraan, sebaiknya anda harus melihat dulu kebutuhan yang anda perlukan. Ada baikny,a anda mempertimbangkan dulu apakah anda lebih membutuhkan mobil atau motor saat ini.  Karena banyak orang yang membeli mobil bukan karena apa yang mereka butuhkan, melainkan karena gengsi yang mereka miliki. Sebaiknya jangan membeli mobil karena gengsi yang anda punya.

 

  1. Pertimbangkan Alasan Anda Membeli Kendaraan

Anda harus mencatat seluruh alasan kenapa anda membutuhkan kendaraan saat ini, dengan alasan-alasan tersebut anda bisa menilai seberapa butuh anda akan kendaraan. Karena jika saat ini anda tidak terlalu membutuhkan kendaraan. Sebaiknya anda tidak perlu mengajukan kredit kendaraan, dan tetap menggunakan transportasi publik yang sudah tersedia.

 

  1. Perhatikan Harga Beli dan Harga Jual Kendaraan

Anda sebaiknya memperhatikan terlebih dahulu tentang harga beli yang ditawarkan dan harga jual second yang nantinya akan dapatkan dari kendaraan anda. Karena ini akan menyelamatkan anda dari kerugian kredit kendaraan anda. Usahakan anda membeli kendaraan dengan harga yang sesuai dengan keuangan anda yang juga memiliki harga jual yang tidak terlalu buruk, untuk menyelamatkan anda jika menjual ulang kendaraan tersebut.

 

  1. Membandingkan Beberapa Dealer dan Perusahaan Leasing

Jika anda sudah memutuskan untuk membeli kendaraan yang sesuai dengan anda, sebaiknya anda jangan terlalu terburu-buru membeli kendaraan dari dealer atau perusahaan leasing yang pertama anda temukan. Sebaiknya cari tahu terlebih dahulu informasi tentang dealer atau perusahaan leasing yang lain.  Karena terkadang dealer dan perusahaan leasing, memiliki perbedaan bentuk suku bunga atau promosi-promosi lain yang ditawarkan.

  1. Asuransi

Anda harus mengetahui bahwa tidak semua lembaga peminjam mengharuskan pembeli mengasuransikan kendaraan yang mereka beli. Sebaiknya anda memilih lembaga peminjam yang menawarkan asuransi kepada anda, untuk mencegah hal-halyang tidak diinginkan selama kredit kendaraan berlangsung.

 

  1. Tentukan Masa Cicilan

Keta pasti mengetahui bahwa semakin lama kita harus mencicil makan biaya yang kita bayar akan semakin rendah. Hal ini telihat lebih meringankan kita, tapi pada dasarnya kita tidak tahu apa yang akan terjadi dimasa depan tentang keuangan kita dan kebutuhan kita nanti. Dan sebaiknya anda juga harus  perhatikan suku bunganya, apakah tetap atau tidak tetap. Jika suku bunga tidak tetap, kemungkinan nantinya Anda akan membayar cicilan lebih tinggi dari sekarang sehingga harga kendaraan akan menjadi semakin mahal.

 

Kredit kendaraan, mungkin akan menjadi solusi anda untuk membeli kendaraan. Namun baiknya, anda harus mempertimbangkan beberapa hal yang sudahh dijelaskan dalam artikel ini. dengan begitu anda akan mengetahui apa saja pertimangan anda dalam melakukan kredit kendaraan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.

 

Comments

comments