Contact
6 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menikah

6 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menikah

Pernikahan merupakan hal yang penting bagi setiap orang untuk membentuk keluarga, dan menyatukan dua orang yang berbeda dalam satu ikatan keluarga. Pernikahan sendiri, juga proses dari suatu tanggung jawab dan komitmen yang dilakukan bagi setiap orang. Menikah sendiri merupakan fitrah bagi setiap orang, untuk menjalani kehidupan selanjutnya dan membangun kebahagian dalam ikatan keluarga. Dalam proses pendewasaan seseorang, menikah adalah hal yang penting agar kita bisa belajar dan hidup dengan bertanggung jawab. Selain itu, menikah juga merupakan proses bagi setiap orang untuk meneruskan keturunan mereka.

Namun kita semua mengetahui, bahwa sebelum menikah ada berbagai macam persiapan yang harus dilakukan agar pernikahan berjalan sesuai dengan rencana. Banyak persiapan yang harus dilakukan seseorang sebelum menikah, mulai dari hal teknis sampai konsep yang akan direncanakan dalam pernikahan. Berikut ini beberapa hal penting yang harus dipersiapkan sebelum menikah, dintaranya adalah :

  1. Mental dan Spiritual

Ada sebagian orang yang membatalkan pernikahannya, dengan alasan keadaan mental dan spiritual mereka yang belum siap. Sehingga, pernikahan yang sudah direncanakan sejak lama pada akhirnya malah dibatalkan. Sebaiknya yang perlu lakukan adalah, meyakini betul bahwa pilihan kita menikah adalah hal yang paling benar. Selain itu, kita harus memiliki keadaan mental dan spiritual yang kuat untuk menjalani pernikahan tersebut. Dengan begitu, pernikahan yang sudah direncanakan akan berjalan dengan lancar tanpa kendala dari batin dalam diri kita.

 

  1. Biaya Pernikahan

Menikah pasti memerlukan biaya untuk dikeluarkan, agar pernikahan bisa terlaksana dengan baik dan sesuai rencana. Dalam menetukan biaya pernikahan, kita harus bisa menyesuaikan dengan keadaan financial kita. Jangan sampai setelah menikah, justru kita akan kebanjiran dengan hutang yang harus segera dilunasi nantinya. Kamu boleh saja meminjam uang untuk menikah, namun kamu harus meminjam sesuai dengan keadaan ekonomi kamu. Sesuaikan pinjaman dengan pemasukkan kamu saat ini, agar kamu tidak kesulitan untuk melunasi hutang kamu nantinya.

 

  1. Tempat dan Waktu

Setelah menentukan biaya pernikahan, kamu bisa menentukan tempat yang sesuai dengan biaya yang kamu miliki. Kamu juga harus merencanakan tanggal pernikahan dengan pasangan kamu untuk menentukan tanggal yang sesuai.

 

  1. Jumlah Undangan

Rencanakan jumlah undangan yang akan kamu sebar, agar sesuai dengan target tamu yang ingin kamu undang. Undangan yang harus kamu sebar, juga harus sesuai dengan biaya yang kamu miliki untuk menikah. Jangan sampai undangan yang kamu sebar, tidak sesuai dengan biaya pernikahan yang telah kamu tentukan dengan pasangan. JIka biaya pernikahan yang kamu miliki tidak begitu banyak, sebaiknya hanya  mengundang kerabat dekat kamu dan pasangan kamu saja.

 

  1. Dokumen Untuk Catatan Sipil

Persiapkan dokumen untuk membuat catatan sipil pernikahan kamu dengan pasangan, seperti KTP, Kartu Keluarga, Surat Keterangan Belum Menikah, dan Pas Foto. Catatan sipil sangat penting dalam pernikahan, dengan adanya catatan sipil bisa memberi keabsahan atas adanya pernikahan dan memudahkan birokrasi mengenai segala urusan berkeluarga kamu nantinya.

 

  1. Tempat Tinggal

Kamu harus persiapkan tempat tinggal, untuk kehidupan bersama pasangan. Namun jika kamu belum memiliki tempat tinggal sendiri saat ini, bukan berarti akan menjadi penghalang kamu untuk menikah. Kamu bisa mengajukan KPR (Kredit Pemilikan Rumah), dengan pasangan kamu dan membayaran angsurannya bersama. Kamu bisa ajukan Pinjaman Uang Muka KPR, melalu layanan peer to peer lending seperti sofis. Di Sofis.id, akan membantu pembeli rumah pertama untuk membayarkan sebagian, mulai dari 25% sampai 50% dari pembayaran down payment yang diminta oleh pihak perbankan. Jadi pinjaman KPR ini, hanya khusus untuk individu yang sudah mendapatkan persetujuan KPR.

 

Menikah memang membutuhkan banyak persiapan yang harus dilakukan, namun persiapan ini jangan dijadikan alasan kamu untuk menunda pernikahan. Jika kamu memiliki keyakinan yang kuat, dan keadaan mental dan spiritual yang cukup baik. Maka hal-hal yang harus dipersiapkan tersebut, tidak akan menjadi penghalang kamu untuk menikah.

Comments

comments