Contact
6 Hal yang Harus dilakukan UKM Di Era Digital

6 Hal yang Harus dilakukan UKM Di Era Digital

Pelaku Usaha Kecil Menengah(UKM), di Indonesia telah menjadi tulang punggung perekonomian negara dan telah memberikan banyak pemasukkan negara. Namun di era serba digital saat ini, para pelaku UKM harus mulai mengikuti perkembangan agar bisa bertahan dan maju untuk mengembangkan bisnisnya. Saat ini, di Indonesia sendiri pemerintah sedang gencarnya untuk memajukan kemajuan teknologi. Dibuktikan dari banyaknya startup yang bermunculan, dengan berbagai produk dan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat kita saat ini.

Seperti kehadiran startup dibidang e-commerce saat ini, yang telah  merubah pola masyarakat dalam berbelanja. Dengan kehadiran e-commerce, masyarakat  cukup membuka gadget dan tinggal melakukan pembayaran lalu menunggu produk yang kita beli sampai dirumah. Akses kemudahan e-commerce atau marketplace di Indonesia yang terjadi saat ini, juga harus diperhatikan oleh para pelaku UKM agar para UKM bisa mengambil peluang untuk mengembangkan bisnis mereka. “Pada 2013, UKM berkontribusi sekitar 60% bagi Gross Domestic Product (GDP) Indonesia. Untuk lebih memperkuat daya saing,sudah saatnya pelaku UKM hijrah ke digital (Goes Digital) karena teknologi bisa membuka banyak peluang,” ungkap Direktur Enterprise dan Businesss Services Telkom Muhammad Awaluddin, Jumat (16/10/2015) yang dikutip dari detik.com.

Oleh karena itu, UKM saat ini tidak bisa hanya berjalan secara konvensional saja, tapi juga harus berjalan mengikuti perkembangan era digital agar bisa terus bertahan dan berkembang. Belum lagi persaingan yang terjadi di era digital menjadi serba horizontal. Karena di era digital, dengan perkembangan internet semua memiliki kesempatan yang sama untuk maju dan berkembang. Berikut ini, ada beberapa langkah yang harus dilakukan para UKM untuk bisa maju dan berkembang di era digital.

  1. Manfaatkan E-commerce

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa perkembangan e-commerce di Indonesia berjalan dnegan cepat. Para pelaku UKM harus memanfaatkna e-commerce ini untuk mengembangkan pasar yang lebih luas lagi. Selain itu, dengan adanya e-commerce para UKM bisa memperkenalkan barang mereka ke masyarakat dengan cepat.

 

  1. Aktifkan Penggunaan Social Media

Perkembangan social media juga harus diperhatikan oleh para UKM, untuk bisa maju dan bersaing di era digital. Kehadiran social media memang telah memberikan banyak perubahan dalam penyamapain informasi dan berkomunikasi. Sosial media seperti facebook, twitter, instagram, snapchat membuat informasi yang kita akses lebih mudah. Dengan kecepatan informasi dan berkomunikasi yang ada pada social media, para pelaku UKM harus bisa memanfaatkan social media sebagai media berbisnis mereka.

 

  1. Mulailah Membuat Website

Pelaku UKM tidak bisa hanya memanfaatkan social media saja, karena banyak sebagaian masyarakat lebih suka mencari informasi melalui mesin pencarian. Oleh karena itu, para pelaku UKM, juga harus memiliki website sebagai media yang memaparkan lebih jelas tentang bisnis UKM mereka. Karena website juga sangat penting bagi calon pelanggan,untuk mencari informasi yang lebih jelas tentang prouduk dan usaha.

 

  1. Mulailah Membuat Content

Untuk membuat masyarakat tertarik dengan produk yang ingin ditawarkan, content menjadi hal yang sangat penting untuk memperkenalkan bisnis ukm kita ke masyarakat. Para UKM harus mempelajari content marketing yang baik, agar masyarakat tertarik dan ingin membeli produk yang ditawarkan.

 

  1. Menguasai Digital Marketing

Dengan perkembangan yang terjadi di era digital, digital marketing menjadi hal yang penting untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan brand awareness usaha yang kita miliki. Untuk itu, sebagai pelaku UKM baiknya mulai menerapkan Digital Marketing pada usaha mereka. Ada banyak teknik Digital Marketing yang bisa digunakan, diantanranya:

  • SEO, SEO atau Search Engine Optimization adalah suatu cara untuk mengoptimize website agar berada di halama utama mesin pencarian.
  • SEM, hamper sama dengan SEO namun SEM merupakan produk iklan berbayar google. Pelaku UKM bisa memasang halaman utama mereka agar berada di halaman pertaman
  • Email Marketing. Email Marketing merupakan suatu yang penting untuk melakukan pemasaran digital. Dengan Email marketing kita bisa memasarkan usaha kita melalui email dengan target yang sesuai.
  • Social Media Ads, kamu bisa mememasang iklan diberbagai social media sebagai cara pemasaran kamu seperti facebook ads, Instagram ads, atau twitter ads. Selain itu kamu juga bisa menggunakan social influencer di social media, untuk memasarkan produk UKM kamu.

 

  1. Jangan Lupakan Offline

Memang perkembangan di era digital membuat berubah pola masyarakat dalam berbagai hal. Walaupun begitu, sebagai pelaku UKM kita tidak bisa hanya memanfaatkan online saja. UKM harus tetap fokus pada hal offline dengan fokus pada personalisasi, promosi yang relevan, dan content yang ingin disampaikan harus tetap melalui kanal offline.

Kemajuan di era digital saat ini, memang tidak bisa dihindari begitu saja oleh para pelaku UKM. Dengan kemajuan era digital, membuat para UKM bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Untuk mencapai kesuksesan suatu UKM agar bisa terus bersaing di era digital, UKM harus bisa terus bertahan mengikuti perkembangan dunia digital.

Comments

comments