Contact
6 Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit

6 Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit

 

 

 

 

 

 

 

Kartu Kredit saat ini, menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi sebagian orang. Melihat manfaat kartu kredit begitu banyak bagi sebagian orang. Alasan utama kenapa banyak orang yang menggunakannya, adalah sebagai proteksi mereka saat keuangan sedang tidak baik. Banyak juga yang beralasan bahwa dengan menggunakan kartu kredit akan memberikan kemudahan dalam setiap transaksi yang mereka alami.

Dengan menggunakan kartu kredit, hampir seluruh kegiatan transaksi bisa kita lakukan meskipun dalam keadaan keuangan yang sedang tidak baik. Namun, banyak sekali orang yang tidak bijak jika sudah menggunakan kartu kredit. Sehingga, banyak yang kesulitan pada saat pembayaran tagihan. Belum lagi bunga yang berlaku pada kartu kredit yang kita miliki akan menumpuk dan membuat kita memilik banyak hutang.

Oleh karena itu kita harus bijak dalam menggunakan kartu kredit yang seharusnya menjadi solusi bagi diri kita. Berikut cara bijak menggunakan kartu kredit, diantaranya adalah:

 

  1. Belanja Sesuai Rencana

Sebelum berbelanja, sebaiknya rencanakan apa saja yang akan kamu beli agar kamu tidak membuang uang untuk sesuatu yang tidak kamu perlukan. Saat berbelanja fokuskan diri kamu pada apa yang akan kamu beli saja, terkadang memang akan banyak godaan yang membuatmu ingin membeli sesuatu yang sebenarnya tidak ingin kamu beli. Oleh karena itu, tahanlah diri kamu agar tidak membeli sesuatu yang tidak diperlukan.

 

  1. Tentukan Budget Pemakaian Kartu Kredit

Jika kamu menggunakan kartu kredit, sebaiknya jangan gunakan kartu kredit lebih dari limit yang telah ditetapkan. Karena kamu akan dikenakan denda yang natinya akan membenai kamu. Dengan limit yang sudah ada, bijaknya kamu menggunakan kartu kredit tersebut dibawah limit yang sudah ada.

 

  1. Abaikan Tawaran Potongan Harga

Kamu harus mengabaikan potongan harga yang ditawarkan berbagai marchent pada pembelian menggunakan kartu kredit. Penerbit kartu kredit biasanya berkerjasama dengan berbagai merchant, untuk menarik kamu berbelanja menggunakan kartu kredit. Hal seperti ini bisa jadi membuat kamu menjadi tidak lebih hemat dan malah menghamburkan uang dengan menggunakan kartu kredit.

 

  1. Batasi Jumlah Kartu Kredit Yang Kamu Miliki

Sebaiknya kamu jangan buat kartu kredit terlalu banyak, hal ini bisa membuatmu sulit untuk mengelola kartu kredit yang kamu miliki. Karena jika kamu memiliki banyak kartu kredit, akan memberikan kamu peluang lebih banyak dalam menggunakannya dan bersikap boros.

 

  1. Periksa Tagihan Dengan Cermat

Ketika kamu menggunakan kartu kredit, periksa tagihan kamu dengan cermat. Lihat apakah kamu telah menggunakan kartu kredit dengan bijak. Jika kamu terlihat sangat boros, lebih baik evaluasi itu dan bersikap lebih bijak lagi dalam menggunakannya.

 

  1. Bayar Penuh Tagihan

Setelah menggunakan kartu kredit, sebaiknya kamu bayar penuh tagihan sebelum jatuh tempo. Hal ini lebih baik, dibanding kamu terus mencicilnya.  Dengan mencicil akan menguras keuangan kamu dan membuat mu bingung untuk melunasi cicilan tersebut.

Dengan penjelasan yang sudah dipaparkan, ada baiknya kamu mempertimbangkan terlebih dahulu apakah kamu benar-benar membutuhkan kartu kredit saat ini atau tidak. Karena selalu ada resiko dalam penggunaan kartu kredit jika kita tidak bijak menggunakannya.

Comments

comments