Contact
5 Tips Sukses Buat Kamu yang Kuliah Sambil Kerja

5 Tips Sukses Buat Kamu yang Kuliah Sambil Kerja

Pendidikan menjadi hal yang sangat penting untuk setiap orang, selain berguna untuk mendapatkan kehidupan yang layak. Pendidikan juga membentuk sikap seseorang, untuk berfikir dan bertindak dengan benar. Dengan adanya kemajuan dalam pendidikan akan membawa perubahan besar pada seseorang, tapi juga pada kemajuan suatu bangsa dan Negara. Namun biaya pendidikan yang semakin tinggi, terkadang menjadi penghalang bagi banyak orang untuk mengejar pendidikannya. Oleh karena itu, banyak orang yang menyiasatinya dengan mencari beasiswa atau berkerja.

Di Indonesia sendiri, saat ini sedang berusaha untuk menjalankan program wajib belajar selama 12 tahun yang mewajibkan sesorang harus mengejar pendidikan sampai Perguruan Tinggi. Namun walau begitu, masih belum ada prioritas pada pemerintah daerah yang membuat program ini sulit direalisasikan dan masih butuh proses yang cukup panjang untuk merealisasikannya. Sehingga, banyak masyarakat yang tidak melanjutkan pendidikan sampai ke jenjang kuliah dan lebih memilih untuk berkerja. Belum lagi biaya kuliah yang mahal, membuat banyak orang mengurungkan niat untuk melanjutkan kuliah. Namun, banyak juga orang yang menyiasatinya sambil berkerja agar biaya kuliah mereka dapat terpenuhi.

Memang cukup sulit mengatur waktu, ketika harus berkerja dan juga menjalani kuliah. Dan pada akhirnya, kuliah dan kerjaan yang kita jalani tidak berjalan dengan baik dan maksimal. Berikut ini, beberapa tips sukses yang bisa dilakukan bagi kamu yang sedang menjalani kuliah sambil berkerja.

 

  1. Manajemen Waktu yang Baik

Jika kamu ingin sukses kuliah sambil berkerja, maka kamu harus bisa memanajemen waktu kamu dengan baik. Kamu bisa mengelola waktu kamu dengan efisien, mulai dengan mengerjakan hal mana yang paling penting terlebih dahulu untuk diselesaikan. Manajemen waktu sendiri, sangat diperlukan bagi kamu yang sedang menjalani kuliah sambil kerja dengan waktu yang pastinya sangat padat.

 

  1. Membuat Agenda

Kamu harus bisa mensesuaikan agenda keseharian kamu dalam berkerja dan kuliah, agar waktu kuliah dan kerjamu tidak berbenturan. Catat seluruh agenda, yang akan kamu lakukan pada buku kamu. Dengan begitu, kamu bisa memaksimalkan waktu kuliah dan kerja kamu dengan baik.

 

  1. Persempit Waktu Santai

Persempit waktu santai yang sering kamu lakukan seperti berkumpul dengan teman, waktu untuk tidur,  waktu untuk menonton, dan waktu lain yang kurang penting untuk dilakukan. Dengan mempersempit waktu santai seperti waktu tidur kamu, kamu bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas kuliah dengan baik. Memang hal tersebut cukup berat dilakukan, namun hal tersebut bisa membuat kamu sukses dalam kuliah dan berkerja.

 

  1. Jangan Sering Menunda

Menunda pekerjaan atau tugas kuliah, tidak baik untuk kamu lakukan. Apa lagi dengan waktu kuliah dan berkerja yang padat, menunda pekerjaan dan tugas kuliah akan membuat pekerjaan yang harus kamu kerjakan menumpuk dan membuat kamu kesulitan untuk menyelesaikannya.

 

  1. Kerja Cerdas

Sebaiknya jangan bekerja terlalu keras, dengan menambahkan waktu kerja kamu untuk menyelesaikan pekerjaan. Lebih baik kamu bekerja dengan cerdas, dengan begitu kamu bisa menyelesaikan pekerjaan kamu dengan produktif dalam waktu yang singkat tanpa harus menambah waktu kerja kamu.

Comments

comments