Contact
5 Tips Menghemat Uang Saat Merantau

5 Tips Menghemat Uang Saat Merantau

Menempuh pendidikan atau berkerja di kota yang jauh dari tempat tinggal kita memang tidak mudah. Belum lagi kita harus jauh dari keluarga tercinta, dan mencoba untuk hidup lebih mandiri sendiri. Sebagian orang pasti pernah merasakan hal seperti ini, ketika mereka sedang merantau. Ada banyak motif yang membuat seseorang pergi merantau mulai dari belajar, berkerja, atau ingin menjalankan suatu usaha. Dalam merantau, setiap orang pasti dituntut untuk bisa menjalankan segala sesuatunya sendiri. Karena biasanya, mereka akan hidup jauh dari keluarga dekat mereka.

Sebenarnya dengan pergi merantau, seseorang berusaha mencari kesuksessan dan mewujudkan mimpi mereka. Banyak orang yang pergi keluar kota, atau bahkan keluar negeri dan meninggalkan keluarganya demi mendapatkan ilmu atau uang. Alasan lainnya, adalah mereka menginginkan pendidikan atau pekerjaan yang lebh baik yang jauh dari tempat tinggal mereka. Karena ketidak tersediaan akan hal tersebut di dekat daerah mereka tinggal, membuat seseorang mau tidak mau memutuskan untuk pergi merantau.

Bagi perantauan, yang biasa memenuhi kehidupan sendiri pasti terkadang mengalami kendala keuangan jika mereka tidak bisa mengatur pengeluaran mereka. Masalah keuangan sendiri, seharusnya  lebih diperhatikan bagi para perantau agar mereka tidak membuat banyak hutang dalam hidup mereka. Berikut ini, beberpa tips menghemat uang saat merantau.

 

  1. Jangan Terlalu Sering Menelpon Keluarga

Menelpon keluarga, dan memenuhi kerinduan kamu akan keluarga dan kerabat dekat tidaklah salah. Namun, jika kau terlalu sering menelpon kamu akan menghabiskan uang kamu dengan cepat karena seringnya membeli pulsa. Cobalah menggunakan provider yang sama untuk menghemat hal ini, dan batasi jika kamu ingin menlpon keluarga dan kerabat dekat.

 

  1. Cobalah Berburu Diskon

Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari kamu, cobalah mengakalinya dengan berburu diskon. Kamu bisa mencari diskon yang tersedia, dan membelinya dalam jumlah banyak untuk pasokkan hidup kamu. Belilah yang diperlukan untuk kebutuhan sehari-hari saja, seperti keperluan makan dan mandi kamu.

 

  1. Jangan Buang Waktu Untuk Berjalan-jalan

Memang hidup merantau dan jauh dari keluarga, akan membuat kamu menjadi sering bosan dan mencoba menghabiskan waktu untuk berjalan-jalan. Tidak masalah jika hal ini, kamu lakukan sesekali saja. Tapi jika kamu terlalu sering berjalan-jalan, kamu dapat menghabiskan uang dengan begitu cepat.

 

  1. Cari Teman Kos

Jika di tempat perantauan kamu tinggal, benar-benar tidak ada keluarga atau kerabat dekat yang bisa kamu hubungi. Sebaiknya kamu mencari teman satu kosan kamu, untuk menghemat biaya kos nantinya. Selain, kamu dapat mengurangi biaya kos kamu juga akan memiliki teman yang membuat keseharian kamu tidak kesepian. Cobalah cari kos-kosan yang muat untuk kehidupan dua orang atau lebih.

 

  1. Cari Pemasukkan Tambahan

Jika kamu perantau yang masih kuliah, cobalah cari pemasukkan lain untuk menambah keuangan kamu. Kamu bisa mencari pekerjaan paruh waktu, atau menawarkan jasa freelance sesuai dengan keahlian dibidang yang telah kamu kuasai.

Comments

comments