Contact
5 Solusi yang Bisa Dilakukan Bagi Kamu yang Pelupa

5 Solusi yang Bisa Dilakukan Bagi Kamu yang Pelupa

 

Banyak diantara kita, yang sering mengalami lupa dengan apa yang harus dilakukan. Lupa sendiri, sebenarnya menjadi hal yang wajar yang dialami setiap orang. Namun kita harus menyadari, bahwa jika kita sering lupa akan menjadi hal yang sangat merepotkan. Oleh karena itu, kita juga harus tau apakah keseringan lupa yang kita alami adalah hal yang harus ditangani lebih lanjut atau tidak. Sering lupa memang wajar, namun jika mengalami hal tersebut sebaiknya mencari tahu penyebab-penyeba apa yang membuat kita menjadi sering lupa.

Banyak faktor yang membuat penurunan daya ingat seseorang seperti, usia yang lanjut, depresi, terlalu banyak mengkonsumsi obat, kurangnya istirahat, atau kadar gula yang terlalu tinggi. JIka sudah mengetahui sebab apa yang membuat kita lupa, kita juga harus mencari solusi untuk membuat diri kita menjadi tidak pelupa dan fokus dalam kesaharian kita. Berikut ini, beberapa solusi yang bisa dilakukan bagi kamu yang pelupa.

 

  1. Gunakan Sticky Note

Agar kamu tidak sering lupa dengan apa yang kamu kerjakan, cobalah menggunakan sticky note untuk mencatat apa yang harus kamu lakukan. Sticky note sendiri adalah selembaran kertas  yang bisa dijadikan catatan, dengan ukuran khusus yang memiliki sebaris perekat disalah satu sisi yang biasanya dibelakang dan yang bisa dilekatkan dan dilepas secara berulang kali. Kamu bisa menulis seluruh aktifitas yang kamu lakukan di sticky note, dan menempelkannya di salah satu benda rumah kamu seperti cermin, kulkas, atau lemari.  Dengan sticky notes kamu akan membaca aktifitas yang sudah kamu tulis dan harus dilakukan.

 

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Mungkin terdengar sangat spele, namun air putih atau air mineral sendiri memiliki banyak manfaat salah satunya adalah dapat meningkatkan fokus kita. Manusia sendiri perlu meminum air putih minimal sebanyak 2 liter, jika kamu kurang mengkonsumsi air putih akan sangat menganggu konsentrasi kamu.

 

  1. MIliki Waktu Bersantai yang Cukup

Kondisi tubuh dan aktifitas yang padat, bisa membuat seseorang depresi dengan kesaharian mereka. Depresi sendiri adalah salah satu faktor, kenapa seseorang bisa menjadi pelupa. Jangan terlalu memaksakan tubuh kamu untuk beraktifitas mengerjakan hal yang cukup berat, sebaiknya harus diseimbangi dengan waktu bersantai. Kamu juga harus memperhatikan bagaimana pola tidur kamu saat ini. Usahakan miliki waktu tidur yang cukup, dan jangan lupakan untuk tidur siang walaupun hanya sebentar.

 

  1. Latih Otak Dengan Main Game

Game sendiri sering diidentikkan dengan sesuatu hal yang negatif, padahal ada beberapa game yang bisa digunakan untuk melatih otak kita. Seperti Sudoku, catur, TTS, atau bahkan soal Psikotes. Kamu bisa melatih otak kamu agar tetap fokus dan menghilangkan kebiasaan lupa kamu dengan bermain game tersebut.

  1. Menulis Diary

Menulis diary bisa menjadi solusi bagi kamu yang sering lupa, manfaat yang dihasilkan dari kita sering menulis sangat banyak. Salah satunya adalah membuat kita tidak depresi karena kita bisa mengungkapkan isi hati dan pikiran kita dengan bebas. Menulis diary sendiri bisa membuat kamu menjadi tidak lupa, karena kamu bisa menulis seluruh kejadian yang kamu lakukan setiap harinya.

Comments

comments