Contact
5 Pengeluaran Yang Harus Dipersiapkan Menjelang Lebaran

5 Pengeluaran Yang Harus Dipersiapkan Menjelang Lebaran

 

 

 

 

 

 

 

Lebaran adalah hari raya bagi umat islam diseluruh dunia, lebaran menjadi hari raya yang suka cita bagi seluruh muslim setelah menjalankan kewajiban dalam berpuasa selama satu bulan lamanya. Seluruh umat muslim di dunia menyambut lebaran sebagai hari yang fitri, dimana segala dosa kita telah dihapuskan setelah menjalankna ibadah puasa. Di Indonesia sendiri, ada beberapa tradisi yang dilakukan ketika lebaran. Seperti, tradisi bermaaf-maafan dan berkumpul keluarga.

Namun, menjelang hari lebaran ini ada beberapa pengeluaran yang harus dikeluarkan oleh kita yang merayakannya. Bukan hanya pengeluaran bahan pokok saja yang harus kita persiapkan. Disaat lebaran, kita juga harus mengeluarkan uang untuk kebutuhan lain yang tidak ketemui di bulan lain. Berikut ini, beberapa pengeluaran yang harus kamu persiapkan menjelang lebaran agar seluruh kebutuhan disaat lebaran terpenuhi.

  1. Zakat

Zakat sendiri adalah kewajiban bagi seluruh umat islam yang mampu dan memiliki harta untuk menunaikannya. Zakat sendiri diartikan sebagai sejumlah harta yang wajib dikeluarkan bagi pemuluk islam untuk diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya. Untuk membayar zakat, sebaiknya kita menghitung terlebih dahulu berapa zakat yang akan kita keluarkan dan mempersiapkannya jauh sebelum menjelang lebaran.

 

  1. Biaya Transport Mudik

Mudik sendiri menjadi tradisi yang dilakukan sebelum lebaran, biasanya orang mudik ke kampung halaman mereka untuk bertemu keluarga dan kerabat yang sebagian ada disana. Banyak yang menggunakan kendaraan pribadi untuk pergi mudik kekampung halaman. Jika kita menggunakan kendaraan pribadi, kita harus persiapkan keperluan transport apa saja yang akan dikeluarkan. Seperti biaya bensin, cadangan uang jika terjadi keadaan darurat seperti kerusakan pada kendaraan pribadi kita.

 

Berbeda dengan yang memiliki kendaraan pribadi, bagi beberapa orang yang tidak memiliki kendaraan pribadi mudik menjadi agak sulit. Mereka harus mepersiapkan tiket perjalanan mudik jauh sebelum menjelang lebaran. Belum lagi tiket yang diperjualkan menjelang lebaran cukup mahal dan menguras keuangan yang kita miliki. Sebaiknya persiapkan ini jauh sebelum menjelang lebaran, agar mendapat harga tiket yang lebih murah.

 

  1. Biaya Jamuan Lebaran

Bagi sebagian orang mungkin akan berkunjung keruamh kita untuk bersilaturahmi disaat lebaran. Kamu harus mempersiapkan uang untuk membeli beberapa jamuan seperti kue kering, ketupat, sirup yang akan dibutuhkan jika kerabat dan anggota keluargamu  mengunjungi rumahmu.

 

  1. Belanja Pakaian

Membeli pakian baru disaat menjelang lebaran sudah menjadi tradisi yang sering dijalankan bagi beberap orang. Dengan banyaknya diskon yang ditawarkan, sepertinya akan sangat rugi jika tidak membeli pakaian-pakaian tersebut selagi harga yang ditawarkan cukup murah. Sebaiknya, persiapkan juga beberapa uang untuk mebeli pakian baru menjelang lebaran.

 

  1. Biaya Pengganti Pembantu

Bagi sebagian orang yang pergi mudik, perlu bantuan orang lain untuk menjaga dan merawak rumah selama kepergian mudik. Dimenjelang lebaran, akan banyak yang menawarkan jasa pembantu rumah tangga untuk sementara. Kamu harus mempersiapkannya untuk menjaga rumah kamu agar tetap aman dan terawat selama ditinggal. Sebaiknya alokasikan sebagian uang kamu untuk membayar pembantu pengganti ini.

 

Bagaimana persiapan lebaran mu sekarang? Apa kah kamu sudah mengalokasikan uang kamu untuk keperluan diatas. Jika belum, kamu harus persiapkan dari sekarang agar kamu bisa merayakan lebaran dengan baik tanpa beban yang memberatkanmu dihari lebaran.

Comments

comments