Contact
5 Langkah yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Berbisnis Barbershop

5 Langkah yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Berbisnis Barbershop

Saat ini, bisnis barbershop telah menjadi tren yang cukup populer di Indonesia. Bisnis barbershop atau tempat cukur pria, mulai menjamur dan tumbuh seperti bisnis kuliner yang semakin banyak. Di era modern saat ini, memang telah merubah banyak pria untuk tampil bergaya dan berbeda. Kebutuhan akan fashion, saat ini mulai diperhatikan oleh banyak pria. Berbeda dengan keadaan sepuluh tahun sebelum saat ini, dimana barbershop sendiri masih tergolong jarang dan belum banyak diminati. Karena sebelumnya, orang-orang lebih memilih ke tukuang cukur rumahan biasa yang memberikan potongan rambut tidak lebih bervariasi dibandingkan dengan di barbershop sekarang.

Keadaan pria yang mulai memperhtikan fashion dan gaya rambut, membuat peluang lebih pada bisnis ini. Mereka rela membayar lebih, untuk mendapatkan gaya rambut seperti yang mereka inginkan. Bahkan banyak barbershop yang mematok harga yang cukup tinggi, hanya untuk sekali bercukur rambut. Belum lagi jasa dan produk lain yang ditawarkan seperti, pomade, jasa cukur janggut, krim penumbuh janggut, serta Jasa mewarnai rambut yang disedikan oleh barbershop. Produk dan jasa ini, ternyata juga laku dan nikmati oleh banyak pria. Oleh karena itu, bisnis barbershop bisa dibilang sebagai bisnis yang cukup menjanjikan. Sebenarnya, tidak bayak yang harus kamu persiapkan untuk membuat bisnis barbershop. Yang paling terpenting adalah kamu dapat mencari sumber daya manusia yang handal sebagai pencukur rambut, dan membuat tempat yang nyaman bagi konsumen kamu. Walupun terbilang cukup mudah, ada beberapa hal lain yang harus kamu lakukan diantaranya adalah.

 

  1. Merekrut Pencukur yang Memiliki Jam Terbang

Kamu harus bisa merekrut pencukur, yang memiliki pengalaman lebih di barbershop. Jangan sampai, kamu salah merekrut orang. Karena terkadang, pencukur di barbershop sangat berbeda dengan pencukur di salon kecantikkan. Kamu harus dapat membedakan hal tersebut, saat merekrut orang sebagai sumber daya kamu nantinya.

 

  1. Pilih Tempat yang Strategis dan Sesuai Budget

Kamu harus menghitung pengeluaran kamu, dan dalam jangka waktu berapa lama kamu akan mendapatkan keuntungan. Pilih lah tempat yang cukup strategis, namun tidak terlalu mahal. Agar kamu bisa mendapatkan keuntungan yang baik dari tempat tersebut.

 

  1. Buat Konsep yang Menarik

Setiap barbershop harus memiliki konsep sendiri, untuk ditawarkan kepada calon konsumen. Buatlah konsep menarik, yang membuat orang-orang ingin bercukur di barbershop kamu. Buatlah sesuatu yang berbeda, agar orang-orang dapat mengenali barbershop kamu dan membedakannya dengan babrbershop yang lain. Konsep yang menarik bisa kamu tampilkan melalui interior dan exterior tempat.

 

  1. Pastikan Peralatan Memulai Usaha Lengkap

Dalam membangun bisnis barbershop, peralatan menjadi hal yang sangat penting. Kamu harus melengkapi dan mengetahui seluruh peralatan untuk mencukur yang akan digunakan. Jangan sampai, bisnis barbershop yang kamu bangun hanya memberikan pelayanan yang seadanya.

 

  1. Jangan Lupakan Faktor Pendukung Lain

Dalam membangun bisnis barbershop, kamu jangan melupakan faktor pendukung lain dari segi perlengkapan atau sumber daya manusia yang kamu miliki. Kamu memerlukan kasir sebagai sumber daya manusia pendukung, karena akan sangat sulit jika kamu menugaskan tukang cukur rambut barbershop kamu sebagai kasir juga. Dari segi peralatan, jangan lupakan faktor pendukung lain seperti, televisi, wifi, serta Ac. Agar konsumen merasa nyaman dan kembali menggunakan jasa barbershop kamu.

Comments

comments