Contact
5 Langkah Membangun Perusahaan Startup

5 Langkah Membangun Perusahaan Startup

 

 

 

 

 

 

Di era serba digital seperti saat ini, banyak sekali perusahaan startup yang hadir mencoba untuk memberikan pelayanan untuk menyelesaikan masalah yang dialami oleh banyak orang. Perusahaan startup sendiri dapat diartikan sebagai perusahaan rintisan yang baru memulai dan belum lama beroprasi. Perusahaan-perusahaan startup, sebagian besar masih melakukan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.  Lebih spesifiknya lagi, perusahaan dapat diartikan sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang teknologi yang berfokus untuk melayani masalah orang-orang disekitar dengan ide dan penemuannya.

Untuk membangun startup  tidaklah mudah, perlu ada perjuangan dan dedikasi lebih dalam hidup untuk membangun perusahaan startup sendiri. Kita bisa melihat kisah-kisah founder seperti Jack Ma, Mark Zuckerberg, Larry Page, Steve Jobs dan masih banyak lagi. Mereka semua memulai mendirikan perusahaan startup diusia yang cukup muda. Dalam membangun startup, banyak orang yg berfikir bagaimana caranya mendapat keuntungan sebanyak mungkin.Padahal kebanyakan dari para founder startup yang sukses, tidak berfikir bagaimana cara mengambil keuntungan sebanyak mungkin. Tapi, mereka lebih berfikir bagaimana caranya perusahaan startup yang telah dibangun akan bermanfaat bagi banyak orang dan dapat menyelesaikan permasalahan orang banyak. Kepedulian akan social para pendiiri ini lah yang membuat startup bisa sangat sukses dan kita nikmati seperti sekarang.

Memang, pada saat ini banyak sekali yang masih salah dalam emulai membangun startup.  Kebanyakan diantara mereka hanya berfokus tentang pengembangan prodak. Tanpa menganalisa manfaat apa yang bisa diberikan lebih kepada banyak orang dari startup yang mereka buat. Oleh karena itu, sebaiknya dalam membangun startup sebaiknya mensiapkan beberapa persiapan seperti dibawah ini.

 

  1. Melihat Masalah

Untuk membangun suatu perusahaan startup, sebaiknya anda memulai dari keresahan anda terhadap suatu masalah yang ada. Dengan merasa resah akan masalah-masalah tersebut, anda harus mencari solusi yang baik untuk menyelesaikan masalah disekitar anda dan mengembangkan ide tersebut kedalam perusahaan startup yang akan anda buat.

 

  1. Melakukan Riset

Sebaiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu kepada orang-orang yang memiliki masalah serupa dengan kamu.  Dan temukan solusi dari riset yang telah kamu lakukan.

 

  1. Cari Partner Startup

Kamu perlu partner untuk mengembangkan ide startup kamu, karena akan sulit jika kamu memulainya sendirian. Ada baiknya kamu cari partner yang memiliki masalah serupa dan bertekat untuk menyelesaikan permesalahan tersebut. Lalu buatlah team yang solid, yang memiliki tujuan yang sama.

 

  1. Buat Rencana Bisnis/Business Plan

Jika anda telah mendapatkan ide dari permasalahan yang ada dan telah menetapkan tujuan. Mulailah jabarkan ide dan tujuan tersebut dalam bentuk rencana bisnis, dan berusaha untuk mengerjakan rencana tersebut. Dalam membuat rencana bisnis, kamu juga harus menyesuaikannya dengan visi dan misi yang telah dibuat yang didasari dari ide dalam pemecahan masalah.

 

  1. Networking

Networking atau jaringan adalah hal yang sangat penting dalam suatu bisnis dan tidak boleh dispelekan begitu saja. Buatlah jaringan sebanyak mungkin, dan mulailah perkenalkan perusahaan startup anda kebanyak orang. Dengan membangun jaringan seperti ini, akan membuka peluang lebih banyak untuk mendapatkan investor untuk startup anda.

 

Demikian, berbapa tips mengenai langkah apa saja yang harus dilakukan dalam membangun startup anda. Teruslah berusaha dan mencoba focus untuk menjadi sukses dalam membangun startup. Karena founder yang sukses dan kita temui saat ini sebagian besar lahir dari keadaan sulit dan terus mencoba bangkit dan tidak menyerah untuk membangun startup hingga sukses.

 

Comments

comments