Contact
5 Langkah Agar Bisnis Tidak Bangkrut

5 Langkah Agar Bisnis Tidak Bangkrut

Untuk memajukan suatu bisnis yang kita jalani, pastinya harus melewati berbagai macam proses dan segala cara agar bisnis dapat maju dan sukses. Membuat bisnis menjadi sukses memang tidak bisa dilakukan secara instant, karena banyak sekali faktor yang membuat bisnis tersebut bisa maju dan sukses. Begitupun juga dengan bisnis yang bangkrut, semua bisa terjadi jika bisnis yang dijalani tidak memiliki kemajuan sama sekali untuk maju dan berkembang.

Belum lagi dengan berbagai macam resiko yang akan terjadi pada bisnis yang sedang kita jalani. Resiko dan kemungkinan bisnis yang dapat membuat bangkrut, harus segera ditangani dengan baik. Karena terkadang banyak pengusaha yang memulai bisnisnya, kurang memeperhatikan resiko-resiko tersebut. Sehingga, banyak bisnis yang bangkrut hanya dalam waktu yang cepat. Untuk itu perlu adanya langkah penanganan yang baik dalam berbisnis, agar bisnis terhindar dari kemungkinan kebangkrutan.

  1. Terus Perbaiki Manajemen Oprasional

Dalam suatu bisnis, manajmen operational menjadi sangat penting untuk keberlangsungan bisnis di masa depan. Sebaiknya kamu meperbaiki manajemen operational perusahaan secara terus menerus, dengan mengevaluasi segala kekurangan dalam operational sebelumnya. Karena jika operational dalam bisnis kamu berjalan dengan tidak baik, maka keberlangsungan usaha dan kemungkinan mendapatkan profit dari usaha akan sangat rendah.

 

  1. Fokus Pada Konsumen yang Loyal

Kita semua tahu bahwa, pemasaran selalu menjadi ujuk tombak suatu perusahaan. Kamu harus bisa menciptakan pemasaran yang baik dalam bisnis kamu, dengan fokus utama untuk menciptakan konsumen yang loyal. Terkadang, yang mebuat bisnis bangkrut adalah pemasaran yang tidak sesuai dan relevan dengan apa yang dilakukan oleh perusahaan. Ada baiknya kamu hanya fokus pada pemasaran ke segmen yang paling membutuhkan produk dan jasa yang kamu miliki, dan hiraukan orang-orang yang sama sekali tidak peduli dengan bisnis yang kamu jalankan. Karena hal itu akan sia-sia, dan menghamburkan uang pemasaran. Sehingga, pemasaran yang dilakukan oleh bisnis kamu tidak maksimal.

 

  1. Ciptakan Tim yang Baik

Kamu harus bisa menciptakan tim yang baik dalam bisnis kamu, dengan merekrut karyawan yang memiliki kualitas yang baik untuk bisnis. Kamu harus bisa menjelaskan alasan kamu kenapa menjalankan bisnis ini, dan meyakinkan bahwa bisnis yang kamu jalani akan sukses dimasa depan. Dengan menjelaskan alasan dan tujuan kamu, kamu bisa menciptakan karyawan yang rela berjuang untuk mengembangkan bisnis tersebut.

 

  1. Ikuti Perkembangan

Kamu harus terus mengikuti perkembangan yang terjadi disekitar kamu dengan baik, dan menyesuaikan dengan pola bisnis yang kamu jalani. Kita ambli contoh, perusahaan Apple yang terus beinovasi menciptakan produk sesuai dengan perkembangan zaman terjadi saat ini. Apple terus berinovasi untuk menciptakan produk yang memEnuhi kebuthan konsumen mereka.

 

Untuk memajukan suatu bisnis memang tidak mudah, dan perlu waktu serta kesabaran agar bisnis dapat maju dan berkembang. Tapi terkadang keegoisan kita yang tidak memperhatikan hal-hal yang telah dijelaskan di atas. Bisa membuat bisnis yang kita jalani saat ini mengalami kebangkrutan yang sangat merugikan.

Comments

comments