Contact
5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuka Bisnsis Kuliner

5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuka Bisnsis Kuliner

Bisnis kuliner, saat ini menjadi bisnis yang sangat diminati oleh banyak orang. Banyak yang memilih bisnis kuliner, sebagai bisnis yang ingin dijalani banyak orang. Melihat segmen yang begitu luas, serta kebutuhan akan makanan yang tidak pernah habis. Membuat bisnis kuliner, menjadi bisnis yang memiliki peluang untuk sukses cukup besar. Kita mengetahui, bahwa bisnis kuliner tidak akan pernah ada matinya. Dan akan terus berkembang, dan menawarkan sesuatu yang baru bagi banyak orang. Saat ini, bisnis kuliner banyak menawarkan produk-produk makanan yang beragam untuk dinikmati banyak orang. Bahkan faktor demografi dan geografi, sudah bukan menjadi penghalang bagi produk kuliner yang di tawarkan.

Buktinya saat ini, banyak sekali makanan asing yang di tawarkan di Indonesia dan mendapat respon positif bagi banyak orang. Mulai dari kuliner china, eropa, jepang, thailand, arab dan sebagainya tetap bisa dinikmati dan diterima di pasar Indonesia. Oleh karena itu, bisnis kuliner menjadi sangat menjanjikan. Namun, persaingan pada bisnis ini juga menjadi semakin ketat. Para pelaku bisnis kuliner harus bisa memutar otak mereka, untuk terus berinovasi dan menawarkan produk mereka pada orang banyak. Selain itu untuk memulai bisnis kuliner harus memperhatikan beberapa hal, diantaranya adalah :

 

  1. Modal Awal Usaha

Untuk membua bisnis kuliner, harus memperhatikan modal awal untuk membuka bisnis yang akan dijalani nantinya. Kamu harus mempunyai modal yang seimbang, dengan bisnis kuliner yang akan kamu buka. Lihatlah berapa bayak yang harus kamu keluarkan untuk modal awal, dan dalam jangka waktu berapa lamu kamu akan balik modal. Ada baiknya, kamu menghitung terlebih dahulu segala pengeluaran yang akan dikeluarkan nantinya. Agar bisnis yang akan kamu jalani, dapat berjalan dengan lancar dan terus berkembang.

 

  1. Tentukan Target Pasar

Buatlah target pasar yang akan kamu bidik, sesuai dengan produk yang kan kamu tawarkan. Buatlah, dengan mempertibangkan faktor demografi serta geografi yang ada. Dengan menentukn target pasar yang sesuai dengan produk kamu, kamu bisa melihat lokasi mana yang tepat untuk kamu membuka usaha.

 

  1. Lokasi yag Strategis

Lokasi merupakan faktor yang sangat penting dalam kesuksessan bisnis kuliner. Kamu harus bisa mencari lokasi yang strategis, untuk kamu membuka bisnis kuliner. Cari lah lokasi yang sesuai, dengan target pasar yang akan kamu tuju. Karena akan sangat percuma, jika kamu mendapatkan lokasi yang cukup ramai tapi tidak sesuai dengan target pasar kamu.

 

  1. SDM yang Tepat

Carilah Sumber Daya Manusia (SDM) yang sesuai dengan bisnis kamu. Kamu harus bisa melihat keperluan SDM dalam bisnis kamu, dan menentukan upah yang sesuai. Jangan sampai kamu memilih SDM, yang tidak sesuai dengan bisnis yang kamu jalani. Hal ini, membuat SDM yag kamu kerjakan tidak memberikan kontribusi lebih terhadap bisnis kuliner yang kamu jalani.

 

  1. Terus Berinovasi

Untuk membuka bisnis kuliner, kamu harus bisa terus berinovasi tehadap bisnis kamu. Bukan hanya inovasi dari produk saja, tapi juga pada aspek lain yang ada pada sekitar bisnis kuliner kamu. Seperti tempat, konsep, menu yang ditawarkan, dan sebagainya.

 

Comments

comments