Contact
5 Hal yang Akan Terjadi Jika Sosial Media di Blokir

5 Hal yang Akan Terjadi Jika Sosial Media di Blokir

Beberapa hari yang lalu kita dihebohkan dengan berita rencana penutupan sosial media Telegram yang akan dilakukan oleh kominfo, alasan utama kenapa kominfo ingin menutup telegram adalah adanya indikasi penggunaan Telegram sebagai media berkomunikasi teroris dan kelompok radikal lainnya. Walau pada akhirnya CEO Telegram Pavel Durov meminta maaf atas respon yang tidak cepat kepada Menkominfo dan membuat Telegram masih bisa digunakan sampai sat ini di Indonesia. Namun Menkominfo akan terus bersikap waspada terhadap sosial media yang tidak bisa menahan isu radikalisme dan berita hoax. Bahkan seperti rumor yang tersebar seperti saat ini, Menkominfo berencana akan memblokir beberapa Media Sosial seperti facebook dan Youtube.

Memblokir Media Sosial di Indonesia bisa menjadi tindakan yang tegas dan baik untuk negara menangani penyebaran paham radikal dan penyebaran berita hoax. Namun dibalik tindakan itu, ada juga dampak lain yang bisa terjadi dan membuat perubahan. Terutama dengan pola milennealls Indonesia yang selalu aktif di sosial media serta begitu banyak orang yang merasakan bebrapa manfaat dari sosial media itu sendiri. Hal ini mungkin saja akan membuat pola baru dalam masyarakat di Indonesia dalam berkomunikasi dan berinteraksi, dan pastinya penyebaran informasi juga akan berubah.

Ada beberapa hal yang akan terjadi jika sosial media di blokir dan tidak bisa diakses lagi oleh masyarakat, diantaranya adalah :

  1. Aksi Demo Millennials

Kehadiran generasi millennials yang sangat dekat dengan teknologi, pastinya akan membuat Millennials akan melakukan demo bersama agar sosial media tidak di blokir. Bayangkan saja, pengguna sosial media di Indonesia saat ini rata-rata generasi millennnials yang sangat sulit untuk lepas dari teknologi dan akses Internet. Kita juga sering melihat di sosial media bahwa generasi millennials ini sangat menyukai beropini dan menyampaikan pendapat mereka di media sosial. Bahkan rata-rata konten yang ada di dunia digital, saat ini dibuat oleh generasi millennials. Mereka telah menikmati, bahwa sosial media telah menjadi sumber mata pencarian utama mereka.

 

  1. Perusahaan Digital Advertising Akan Tutup

Dengan kehadiran sosial media dan perkembangannya yang terjadi seperti saat ini, membuat pola dalam periklanan berubah. Melakukan pemasaran dan iklan saat ini lebih efektif dengan menggunakan sosial media atau media digital lainnya. Selain respon yang akan di hasilkan dari iklan tersebut lebih cepat, biaya yang dikeluarkan dari iklan di internet juga tidak terlalu besar. Hal ini menjadi peluang yang menyebabkan, banyak tumbuhnya perusahaan dibidang Digital Advertising. Bayangkan saja jika sosial media di blokir, mungkin perusahaan Digital Advertising ini akan tutup dan bangkrut.

 

  1. Online Shop Beralih ke E-commerce dan Blog

Sosial Media saat ini, juga membuat banyak bermunculan akun sosial media online shop yang berusaha menjual produk mereka melalui media sosial. Selain efektif dan efisien, mendirikan online shop di sosial media juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang sangat banyak. Setiap orang bebas mendirikan online shop mereka dengan sangat mudah. Bayangkan jika seluruh sosial media saat ini diblokir, mungkin pilahan mereka dalam berjualan hanya e-commerce dan blog

 

  1. Munculnya Sosial Media Lokal

Jika saja seluruh akses Sosial Media di blokir, mungkin saja pemerintah tetap memberikan kesempatan kepada industri lokal untuk membuat sosial media sendiri.  Seperti, yang dilakukan oleh negara China saat ini. Di China sendiri facebook dan twitter telah di blokir oleh pemerintah mereka. Namun banyak bermunculan social media lokal seperti, Sina Wibo, Renren, Tencent, Douban, dan We Chat. Hal ini mungkin akan terjadi di Indonesia, jika saja sosial media asing seperti facebook, twitter, dan Instagram akan di blokir

 

  1. Selebgran dan Youtuber Terancam Punah

Saat ini banyak sekali konten yang ahdir di sosial media, rata-rata konten tersebut dibuat oleh para creator yang kreatif menciptakan karya-karya mereka. Para creator ini, biasanya memiliki pengikut yang sangat banyak.Kebanayakan mereka adalah seorang selebgram dan youtuber, bahkan kita bisa sebut mereka sebagai social influencer di dunia maya. Kehadiran sosial media pun sangat penting bagi mereka, dan jika saja sosial media di blokir kehadiran selebgram dan youtuber pastinya akan punah.

 

Sosial media saat ini memang memilik dampak yang negative dan positif bagi masyarakat kita, sesuai dengan masing-masing  penggunanya. Namun ada baniknya kita sebagai pengguna tetap bisa menggunakan sosial media dengan bijak dan mengikuti selaruh peraturan yang di tetapkan oleh pemerintah.

Comments

comments