Contact
5 Alasan Kenapa Menabung itu Penting

5 Alasan Kenapa Menabung itu Penting

Terkadang kita sering sekali mengalami masalah keuangan, yang membuat kita kesulitan dalam memenuhi segala kebutuhan kita.Dan pada akhirnya beban yang kita punya semakin bertumpuk, lalu sulit untuk kita selesaikan. Banyak diantara, kita yang mengalamai masalah keuangan dan menyelesaikan masalah tersebut dengan cara berhutang. Dengan berhutang, mungkin kamu bisa menyelesaikan permasalahan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari kamu. Namun sebenarnya, berhutang memiliki resiko yang cukup besar jika kita tidak berfikir dahulu apakah kita sendiri mampu membayar hutang yang kita pinjam untuk memenuhi kebutuhan kita yang mendesak.

Banyak juga diantara kita, yang tidak ingin menyelesaikan masalah keuangan dengan berhutang. Mereka menyiasatinya dengan cara menabung, dengan menabung akan memudahkan dalam menyelesaikan masalah keuangan yang akan kamu hadapi. Selain itu, menabung juga membuat kamu belajar untuk hidup lebih hemat dengan mengeluarkan uang seperlunya sesuai dengan kebutuhan dan menyimpan sisa uang yang tidak terpakai dalam tabungan. Berikut ini beberapa alasan, kenapa menabung itu penting.

 

  1. Menghindari Hutang Di Masa Depan

Hutang memang menjadi masalah bagi banyak orang, hutang yang menumpuk bisa membuat kita sulit memenuhi kebutuhan hidup kita. Dengan hutang yang menumpuk, bisa juga membuat kedaan psikologi kita terganggu. Banyak sekali orang yang stress dengan hutang di hidupnya, bahkan ada juga yang  sampai mengalami gangguan kejiwaan yang di akibatkan oleh hutang mereka. Tabungan sendiri bisa menjadi solusi dalam hidup kita, agar tidak memiliki hutang yang menumpuk di masa depan. Maka sebaiknya, kita mulai menabung dari sekarang agar bisa menghindari hutang di masa depan.

 

  1. Sebagai Cadangan Saat Keperluan Mendesak

Banyak sekali keperluan mendesak yang membuat kita harus mengeluarkan uang kita, seperti jika kita memerlukan biaya berobat, biaya kos atau kontrakan yang jatuh tempo, dan biaya jika ada barang yang sangat kamu butuhkan rusak. Bahkan ketika kita berkeluarga, akan banyak sekali biaya mendesak lain yang harus dipenuhi oleh kamu, seperti biaya pendidikan anak, biaya melahirkan istri, biaya perbaiki rumah, atau bahkan biaya kredit kendaraan yang harus segera kamu lunasi. Bayangkan saja jika kita tidak memiliki tabungan sama sekali, mungkin akan sangat merepotkan kita untuk melunasi seluruh  biaya menedesak tersebut. Dengan menabung, kta bisa menggunakan uang tabungan kita sebagai cadangan untuk memenuhi keperluan mendesak.

 

  1. Melatih Agar Hidup Tidak boros

Dengan menabung kamu bisa melatih diri untuk hidup tidak boros, dan membuat kamu menjadi lebih hemat. Dalam menabung, kamu pastinya akan menyisihkan sebagaian gajimu untuk di tabung dan mengeluarkan uang kamu seperlunya. Sehingga, ruang untuk membeli sesuatu yang seebenarnya tidak dibutuhkan menjadi sangat kecil.

 

  1. Sebagai Persiapan Menuju Hari Tua

Setiap orang, pasti akan pensiun dari pekerjaannya saat ini ketika mereka sudah tua. Kondisi yang sudah tidak kuat untuk kembali  berkerja dan usia yang sudah tidak cukup produktif berkerja, pastinya membuat kita akan pensiun dari pekerjaan kita dan memilih untuk beristirahat di rumah. Untuk mensiasati kondisi tua kamu , kamu harus menabung di usia muda untuk emenuhi kebutuhan kamu di hari tua. Karena ketika di masa tua, kita pastinya tidak akan mempunyai penghasilan tetap untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari kita.

 

  1. Menuju Kebebasan Financial

Kebebasan financial adalah keadaan dimana kita bisa memenuhi segala kebutuhan hidup kita, tanpa perlu pusing memikirkan bagaimana caranya memenuhi kebutuhan tersebut. Bagi sebagian kita yang belum mencapai kondisi kebebasan financial, terkadang pasti sulit untuk memenuhi segala kebutuhan hidup sehari-harinya. Namun dengan menabung, kamu bisa mencapai kebebasan financial lebih cepat. Karena kamu akan memiliki uang yang bisa memenuhi segala kebutuhan kamu dimasa depan.

Banyak yang bilang bahwa uang bukan segalanya dalam hidup ini, namun segalanya membutuhkan uang. Memang banyak uang bukanlah penentu kebahagian hidup seseorang, namun untuk mencapai kebahagian kamu harus bisa memenuhi kebutuhan hidup kamu yang pastinya memerlukan uang untuk hal tersebut. Maka dari itu, menabung bisa menjadi solusi agar seluruh kebutuhan terpenuhi dan mencapai proses kebahagiaan.

 

Comments

comments