Contact
4 Hal yang Harus Diajarkan ke Buah Hati Untuk Mengelola Keuangan Sejak Dini

4 Hal yang Harus Diajarkan ke Buah Hati Untuk Mengelola Keuangan Sejak Dini

 

Bagi setiap orang tua, wajib mengajari buah hatinya mengelola keuangan sejak dini. Agar ketika anak tumbuh dewasa, dapat menjadi pribadi yang bijak dalam mengelola keuangannya. Namun sayangnya, masih banyak oraang tua yang beranggapan bahwa hal ini belum terlalu penting melihat anak yang masih terlalau dini diajarkan mengelola keuangan. Banyak orang tua, masih beranggapan bahwa mengajari anak mengelola keuangan sebaiknya dilakukan ketika si anak telah bertumbuh menjadi seorang remaja. Padahal akan lebih baik lagi, jika orang tua mengajarkan anak mengelola keuangan sejak dini. Karena anak akan bisa menjadi pribadi yang bertanggung jawab, untuk mengelola segala keuangan yang dia miliki nantinya. Dengan begitu, anak akan bisa mengontrol dirinya agar tidak menggunakan uang yang berlebihan.

Dan ketika buah hati tumbuh dewasa , maka dia kan menjadi anak yang dapat menghindari dari sikap negatif dampak dari tidak bisanya mengatur keuangan. Seperti kebiasaan berhutang, yang sering terjadi pada sebagian orang. Walaupun, mengajari buah hati mengelola keuangan sejak dini itu penting. Sayangnya, masih banyak orang tua yang kurang peka terhadap hal tersebut. Sehingga, membuat anak menjadi pribadi yang kurang baik dan sering menuntut sesuatu pada orang tuanya. Oleh karena itu, setiap orang tua harus bisa mengajari buah hati mereka mengelola keuangan dengan cerdas. Dengan terus memberikan pemahaman, bahwa mengelola keuangan yang baik adalah hal yang sangat penting untuk anak itu sendiri di masa depan. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orang tua, untuk mengajari buah hati mengelola keuangan sejak dini.

 

  1. Ajarkan Buah Hati Agar Rajin Menabung

Sebagai orang tua, kita harus bisa mengajari buah ahti tentang pentingnya menabung. Menabung sendiri menjadi hal yang penting bagi setiap orang, agar mereka terus bisa memunihi kebutuhannya meskipun dalam keadaan yang terdesak. Dengan menabung, kita bisa terhindar dari kebiasaan berhutang. Karena kita telah memiliki cadangan keuangan yang dapat memenuh kebuthan kita yang mendesak. Ajari anak menabung dari uang saku yang ia miliki, agar ketika dewasa terbiasa melakukan kegiatan menabung dan mengurangi sikap boros.

 

  1. Mengajarkan Pengelolaan Uang Saat Berbelanja

Ajaklah buah hati kita, ketika sedang berbelanja untuk memenuhi kebutuhan bulanan. Agar si buah hati dapat mengetahui proses pengelolaan keuangan yang baik, dalam memenuhi kebutuhan. Dengan cara ini, buah hati ketika dewasa nanti bisa bijak menggunakan uang untuk hal yang penting saja. Dan tidak menghamburkan uang, untuk hal yang tidak terlalu penting untuk dirinya.

 

  1. Mengajari Buah Hati Untuk Mencatat Pemasukan dan Pengeluaran

Ketika buah hati mulai mengikuti kegiatan bersekolah, mereka sudah seharusnya diajarkan pengelolaan keuangan yang baik. Salah satu hal yang harus diajarkan agar dia dapat mengelola keuangannya, adalah mengajari buah hati untuk mencatat pemasukan dang pengeluaran yang mereka lakukan. Hal ini dilakukan agar anak bisa terus belajar, dan mengevaluasi pengeluaran yang mereka lakukan.

 

  1. Mengajari Buah Hati Pentingnya Berbagi

Jika anak telah diajarkan konsep mengelola keuangan yang baik, maka sebagai orang tua harus melengkapi pengatuhan batas tersebut dengan mengajari pentingnya berbagi kepada sesama. Berbagi kepada sesama, termasuk hal yang penting untuk diajarkan kepada buah hati kita. Agar menjadi pribadi yang dermawan, dan memiliki empati kepada orang lain yang sedang dalam kesulitan. Karena dengan cara ini lah, akan menghindari anak dari sikap yang serakah dan tidak peduli terhadap orang lain.

Comments

comments